Menteri BUMN Apresiasi PLN Dukung 8 Ribu UMKM Hadapi Pandemi

Jawa Barat, DUTA TV – PT PLN turut mendukung pengembangan lebih dari 8 ribu UMKM melalui 29 rumah BUMN yang dikelola perseroan di Indonesia.

Dukungan itu diberikan menyusul pandemi covid-19 berdampak cukup besar bagi UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Dukungan PLN terhadap UMKM itupun mendapat apresiasi dari menteri BUMN Erick Thohir, saat dirinya melakukan kunjungan ke Cirebon, Jawa Barat.

Erick menuturkan selain membutuhkan pendanaan UMKM juga butuh pendampingan hingga dukungan untuk menjangkau akses pasar. Erick berharap agar PLN melalui program tanggung jawab sosial lingkungan atau TJSL dapat terus mendukung pelaku usaha ultra mikro agar bisnisnya bisa makin berkembang.

“Mungkin untuk yang CSR kita akan fokus yang ultra mikro, karena yang UMKM sebenarnya sudah ada akses perbankan. Nah, kita coba melakukan itu,” ucap  Erick Thohir, Menteri BUMN

Sementara, General Manager PLN unit induk distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha menyampaikan peran rumah BUMN dalam berbagai kegiatan edukasi dan pembinaan. Khusus di rumah BUMN Cirebon, PLN  mendukung pengembangan 601 UMKM yang mayoritas pelaku usaha kerajinan tangan dan makanan minuman.

“Ke depan ini akan terus berkembang. Semakin banyak yang tertarik bergabung di tengah pandemi, kami ingin mendukung teman-teman UMKM untuk lebih maju, lebih adaptif, seperti kita melakukan pelatihan penjualan online supaya mereka bisa survive di tengah pandemi,” ujar Agung Nugraha, GM PLN UID Jawa Barat.

“Dengan mesin ini, dia masih bisa melakukan kegiatan produksi disaat cuaca tidak mendukung. Sementara dari rumah bumn saya sangat bersyukur dapat bantuan legalitas, bergabung dengan rumah bumn saya mendapatkan gratis, mulai dari halal hingga haki. Tidak hanya melalui rumah BUMN, PLN juga memiliki program pendanaan usaha mikro kecil atau UMK dan tanggung jawab sosial lingkungan atau TJSL.” ucap Yani Rismawati, Pelaku UMKM Cirebon.

Yani Rismawati, Pelaku UMKM Cirebon
Yani Rismawati, Pelaku UMKM Cirebon

Sejak tahun 2019 hingga Agustus 2021, dana yang dikeluarkan oleh PLN untuk memgembangkan UMK mencapai lebih dari 82 miliar rupiah.

Tim Liputan

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *