Masyarakat Desa Haratai Loksado Akhirnya Bisa Nikmati Aliran Listrik

DUTA TV HSS – Warga desa Haratai, kecamatan Loksado, kabupaten Hulu Sungai Selatan, akhirnya bisa menikmati aliran listrik langsung dari PLN. Sebelumnya desa yang terletak di pegunungan Meratus tersebut sudah sekian lama hanya mengandalkan mikro hidro untuk kebutuhan listrik sehari harinya.

Pengoperasian aliran listrik PLN ini diresmikan oleh sekretaris daerah kabupaten Hulu Sungai Selatan, Muhammad Noor, yang sekaligus meninjau lokasi desa tersebut. Selain dapat mengalirkan listrik kesetiap rumah warga pemerintah setempat juga memberikan fasilitas penerangan di lokasi objek wisata air terjun Tanuhi yang menjadi aset bagi wisatawan.

Sementara itu, dengan dioperasikannya aliran listrik di desa Haratai, diharapkan mampu mebantu warga untuk dapat melakukan berbagai aktivitas rumah tangga, terlebih bagi anak-anak sekolah.

“Senang sekali dengan adanya listrik ini sangat mendukung dirumah tangga, apapun keperluan itu sangat bagus bagi kami, kami warga masyarakat desa Haratai khususnya kecamatan Loksado untuk RT. 1 ini arah air terjun Haratai, kami sangat bangga sangat senang dengan adanya air terjun dengan adanya pengunjung sekaligus ada lampu listriknya, PLN masuk pedesaan untuk desa Haratai kami sangat terima kasih”, ungkap Sumartono salah seorang warga desa Haratai.

Sumartono salah seorang warga desa Haratai

 

“Sebenarnya ada penerangan dari tenaga air, tapi lain jua lawan PLN, kalau menurut kami aja sangat bersyukur sekali oleh adanya PLN ini, soalnya punya kami itu mikro hidro kalau mati itu lama, bisa berbulan-bulan, jadi penerangannya pakai lampu duduk saja, jadi kalau anak mau belajar kan sekolah jadi susah”, ucap Yulianti salah satu warga.

Yulianti salah satu warga

“Tentu keberadaan listrik hari ini dan seterusnya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat desa di sini, terutama untuk peningkatan perekonomian mereka dan mereka gampang melakukan pengembangan usahanya”, ujar Muhammad Noor sekda kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Muhammad Noor sekda kabupaten Hulu Sungai Selatan

Dengan masuknya aliran listrik di lokasi air terjun Haratai juga diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengunjung, sehingga dapat berimbas kepada pendapatan warga setempat nantinya.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Redha Aulia R

Uploader.
Follow Me:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.