Manisnya Budidaya Lebah Madu Kelulut

DUTA TV TANAH LAUT – Lebah kelulut merupakan salah satu species serangga yang bisa memproduksi madu untuk dikonsumsi karena segudang manfaat bagi kesehatan, madu kelulut memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan  karena aman dalam membudidayakan meski dekat dalam permukiman.

Salah satunya Ansyari warga sarang halang kecamatan Pelaihari, kabupaten Tanah Laut kini menekuni peternakan lebah madu kelulut di halaman rumahnya, budidaya lebah kelulut yang sudah berjalan sejak 1 tahun lalu yang ia lakukan kini sudah mampu memproduksi hingga 3 liter madu perbulannya.

Sumber makanan bagi lebah tanpa sengat ini menurutnya tidaklah sulit cukup dengan menanam pohon bunga liar mata pengantin yang merupakan kesukaan lebah kelulut untuk mendapatkan madu bunganya.

Sementara, untuk membuat sarangnya pun cukup mudah hanya bermodalkan bekas kayu dari hutan kemudian diolah menjadi kotak sebagai tempat untuk kelulut mengembang biakkan koloninya, kotak itu pun kemudian ditutup dengan plastik agar mudah saat memanen.

Saat ini Ansyari memiliki belasan koloni atau sarang kelulut yang sudah menghasilkan madu asli, koloni- koloni lebah kelulut ini di letakkan di sekitar halaman rumah Ansyari yang diletakkan secara acak, agar kelulut mudah mencari sumber makanan serta lebih rajin menghasilkan madu.

Bahkan dari budidaya lebah madu kelulut, Ansyari justru mengaku kewalahan lantaran banyaknya permintaan dari konsumen sehingga tidak terpenuhi karena kurangnya ketersediaan madu.

Madu lebah kelulut memiliki keistimewaan karena mengandung nutrisi yang berkasiat ampuh bagi kesehatan, yakni untuk meningkatkan stamina dan menambah daya tubuh.


Reporter : Suhardadi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *