Lewat KIE Siap Germas, Dinkes Lakukan Aksi Perubahan Dalam Pelayanan

Banjarmasin, DUTA TV —  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan, selatan secara resmi melaunching komunikasi informasi dan edukasi berbasis sistem aplikasi gerakan masyarakat hidup sehat atau KIE siap Germas.

Aplikasi ini, bukan hanya untuk diakses para petugas kesehatan dari seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kalsel, melainkan juga bisa diakses oleh seluruh warga Kalsel.

Aplikasi ini  merupakan inovasi pelayanan publik oleh Dinas Kesehatan, yang merupakan jembatan masyarakat dalam menjalankan hidup sehat, serta berisi sistem manajemen kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat hingga laporan  berjenjang dari seluruh fasilitas kesehatan di 13 kabupaten kota di Kalsel.

Lihat Juga :  Vaksinasi menyasar Jemaah Masjid dan Gereja

”Jadi ini adalah sebuah aplikasi yang nantinya dapat memantau dapat menyusun laporan terkait dengan pelaksanaan Germas dan masalah hidup sehat dan nama aplikasinya saat ini siap Germas, jadi ini nanti mampu memberikan semacam edukasi ke masyarakat terkait kegiatan Germas kita tahu Germas ini salah satu upaya yang juga mampu mencegah Covid-19 karena dalam Germas itu salah satunya ada deteksi ini dan ada juga cuci tangan, pakai sabun dan Dll. Jadi dengan memanfaatkan aplikasi ini sebuah inovasi,” kata H. M. Muslim Kadinkes Kalsel.

H. M. Muslim Kadinkes Kalsel

H. M. Muslim Kadinkes Kalsel

“Latar belakang dulu tahun 2017 ada intruksi Presiden no 1 tentang Germas dan itu sudah ditindaklanjuti masing-masing Gubernur dan Bupati semua Kabupaten dan Provinsi harus melaksanakan Germas, jadi Germas ini merupakan program unggulan dari pemerintah pusat, 5 tahun kedepan kita harus massif kampanye Germas di kalsel sudah masuk semua bertahap atas dasar itu,” ucap Nurul Ahdani Kabid Kesmas Dinkes Kalsel

Lihat Juga :  Vaksinasi menyasar Jemaah Masjid dan Gereja

“Aplikasi ini dibuat sederhana mungkin agar masyarakat dapat mengakses apa yang di ingin tahui, jadi mereka tahu dulu tentang kesehatannya karena didalamnya memantau status kesehatan masyarakatnya, untuk menerapkan hidup sehat contohnya apakah di masa pandemi masyarakat punya masker kalau mejawab ya nanti ada informasi fungsi masker apa itu salah satu contoh yang di aplikasi itu untuk masyarakat dan pemerintah,” tutur Abdul Basit Kasi Promosi & Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kalsel

Lihat Juga :  Vaksinasi menyasar Jemaah Masjid dan Gereja

Launching KIE siap Germas sendiri dilaksanakan disela orientasi tenaga promosi kesehatan yang diikuti peserta dari 13 kabupaten kota se-Kalsel, baik secara langsung serta melalui zoom. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya direktorat promosi dan pemberdayaan masyarakat dari kemenkes RI, kepala Dinas Kesehatan Kalsel beserta jajaran serta fungsional penyuluh.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *