Langkanya Durian di Musim Hujan

Martapura, DUTA TV — Musim hujan berkepanjangan yang melanda kabupaten Banjar dan sekitarnya ikut berdampak terhadap produktivitas buah durian.

Bang Jali, salah satu pedagang dan pengumpul buah durian di desa Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, kerap disinggahi pembeli maupun pedagang si raja buah setiap musimya.

Agak berbeda dari tahun sebelumnya, tumpukan buah durian di tempat Bang Jali tahun ini terlihat sedikit dan banyak buah berukuran agak kecil.

Hal itu dikarenakan musim hujan berkepanjangan yang mengakibatkan bunga atau buah durian  kecil berguguran. Bahkan ketika buah mulai besar, cenderung busuk dan berulat. Sehingga buah durian menjadi langka dan harganya melambung. UNtuk buah durian ukuran sedang, harganya dari Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu.

“Banyak yang rusak dan mahal,”tuturnya.

Meski demikian, langka dan mahalnya durian tetap menjadi pesona bagi para penggemarnya, hingga bersedia merogoh kocek lebih dalam.

Biasanya pertengahan Januari hingga akhir Februari merupakan puncak panen durian. Namun pada tahun ini dipastikan produksi buah durian sangat langka.

 

Reporter : Tarida Sitompul

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *