Hukum Karhutla

Lahan di Tembikar Diduga Sengaja Dibakar

DUTA TV BANJAR – Warga sekitar jalan Tembikar Kanan, desa Simpang Empat, kecamatan Kertak Hanyar berjibaku memadamkan api di lahan yang membakar rumput dan semak belukar dengan alat seadanya seperti pelepah pisang, Rabu petang kemarin (30/10/2019).

Hamparan lahan kosong ini nampak terbakar, dan berdampak pada kabut asap pekat yang sangat mengganggu saluran pernafasan.

Karhutla disini kerap terjadi dan tak jarang hampir mengenai lokasi perumahan. Relawan pemadam kebakaran pun berdatangan untuk membantu melokalisir titik api yang terus membesar.

“Karhutla ini kayanya diduga sengaja dibakar kalau kita lihat, sudah beberapa kali dipadamkan, sebelumnya, kalo memang ada faktor kesengajaan jangan sampai lagi, karena sangat merugikan warga, karena asap sangat pekat”, ucap Rahmadi salah satu warga sekitar.

Rahmadi

“Biasa ada kesengajaan, semoga pembakar lahan bisa dihukum dan sadar” kata Mursidi relawan BPK.

Warga sekitar pun berharap, agar tak lagi ada kebakaran terlebih jika diduga adanya faktor kesengajaan lantaran banyaknya sebaran titik api di waktu bersamaan, dan meminta petugas berwenang untuk patroli dan menindak tegas jika ada kesengajaan pembakaran lahan kosong.

 

Reporter : Fadli Rizki

 


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *