KSOP Minta Nahkoda Kapal Waspada Cuaca Ekstrim

Banjarmasin, DUTA TVKantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP kelas I Banjarmasin, menghimbau agar nahkoda dan awak kapal tetap terus waspada, mengingat cuaca ekstrem yang masih melanda laut Kalimantan Selatan dan Pulau Jawa.

Meski tinggi gelombang dari data prakiraan BMKG hanya mencapai 2 meter dan dinyatakan cukup aman, namun  para nahkoda tetap harus berhati hati dan waspada dengan perubahan cuaca yang cepat.

Lihat Juga :  Relawan Muhammadiyah Perbaiki Rumah Yani Korban Angin Kencang

Kasi keselamatan berlayar KSOP kelas I Banjarmasin, Ari Sasmito mengungkapkan jika pihaknya sempat mengeluarkan surat edaran terkait keselamatan berlayar, karena tinggi gelombang mencapai 3  meter lebih, pada  26 Januari hingga 1 Februari tadi dan masih berlaku hingga beberapa hari kedepan.

“Terhitung sejak 26 Januari hingga 1 Februari tinggi gelombang mencapai 3 meter dan masih berlaku hingga beberapa hari ke depan, namun dari data BMKG dalam satu pecan kedepan diperkirakan gelombang menurun menjadi 2 meter, dan cukup aman untuk berlayar, akan tetapi kita tetap meminta nahkoda dan operator kapal agar tetap waspada, karena ini perkiraan dan cuaca bisa  saja berubah,” terang Ari Sasmito, Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas I Banjarmasin.

Lihat Juga :  Truk Terbalik, KSOP Minta Seluruh Instansi Lakukan Evaluasi

KSOP Himbau Kegiatan di Laut Tabanio Dihentikan, Jika Angin Capai 20 Knot

Sementara itu pihak KSOP juga memantau kegiatan bongkar muat diperairan Tabanio.

KSOP menghimbau agar kegiatan bongkar muat dapat dihentikan jika kecepatan angin di kawasan tersebut mencapai 20 knot. Pasalnya dapat membahayakan seluruh pekerja kapal.

Reporter : Ade Yanuar

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *