Kru Kapal di Kotabaru ISPA, Bukan Corona

DUTA TV KOTABARU – Tim dari kantor kesehatan pelabuhan Kotabaru Kamis (13/02) siang mengevakuasi 2 orang kru kapal MV Vega Rose di perairan Tanjung Pemancingan Kotabaru.

Kedua orang itu dilaporkan sakit oleh kapten kapal melalui pihak agen dengan gejala-gejala antara lain demam, sakit kepala, dan batuk berdahak.

Sekitar pukul 4 sore, dua pria berkewarganegaraan Indonesia yang berusia masing-masing 24 tahun dan 47 tahun tersebut dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru dan selanjutnya menjalani serangkaian pemeriksaan.

Lihat Juga :  13 Kelurahan di Banjarmasin Sudah Tak Zona Merah Lagi

Baca juga : Kapal MV Vega Rose Dikarantina, Selama 14 Hari Dilarang Berkegiatan

Sebelumnya kapal m MV Vega Rose yang berbendera Panama itu diketahui baru tiba dari China.

Karenanya proses evakuasi dan pemeriksaan pun dilakukan sesuai standar operasi prosedur penanganan penyakit corona virus disease 19 atau COVID-19.

Adapun hasil diagnosa, dijelaskan Plt Direktur RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru,  Cipta Waspada, pihaknya menyatakan kedua pasien tersebut menderita ISPA. Namun sesuai koordinasi dengan tim penanggulangan corona di Banjarmasin, diputuskan bahwa mereka akan menjalani observasi lanjutan selama 3 hari ke depan.

Lihat Juga :  AS Berikan Fasilitas Cuci Tangan dengan Sabun kepada Indonesia untuk Melawan COVID-19

“Dokter spesialis di sana, dr. Isa merekomendasikan tidak perlu dirujuk. Kalau dirujuk pun kami akan menolak karena tanda-tanda belum kuat sehingga diagnosa masih ISPA. Hanya kita juga diberi kesempatan melakukan observasi tiga hari, mengenai nanti kalau berubah diagnosa. Bisa berubah tapi kondisi saat ini stabil,”ujarnya.

Saat ini kedua kru kapal dirawat di ruang isolasi RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru dan hingga Kamis malam kondisinya diklaim stabil.

Lihat Juga :  Politik Uang Rawan Terjadi di Tengah Pandemi COVID-19

Jika dalam tiga hari ke depan  terus membaik mereka akan dipulangkan. Namun jika menurun atau ada tanda-tanda mengarah ke corona pasien akan dirujuk ke rumah sakit Ulin Banjarmasin.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *