Kotabaru Siap Periksa Sampel SWAB Mandiri

KOTABARU, DUTA TV Dalam waktu dekat kabupaten Kotabaru akan melakukan pemeriksaan sampel SWAB dengan metode PCR secara mandiri.

Menurut pelaksana tugas kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Ernawati, sarana-prasarananya sudah disiapkan di rumah sakit karantina stagen.

Untuk pengadaan alat, pemerintah daerah menggunakan dana insentif daerah dari APBN tahun 2020. Dengan mengerjakan sendiri pemeriksaan sampel SWAB, hasilnya bisa diketahui lebih cepat.

Lihat Juga :  Nakes RSUD Pangeran Jaya Sumitra Terima Vaksin COVID-19

Selama ini proses pemeriksaan dilakukan di luar daerah dan memakan waktu lama karena kendala jarak. “Kalau sudah dapat rekomendasi kita akan segera melaksanakan pemeriksaan PCR di rumah stagen, kita kan geografis cukup jauh kalau mengirim hari ini, malam atau besok baru keluar, tapi kalau mengerjakan sendiri bisa secepatnya,” jelas Ernawati.

Lihat Juga :  Fokus Penanganan Banjir, PPKM di Banjarmasin Masih ‘Gantung’

Pemeriksaan sampel SWAB mandiri ini telah mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan provinsi dan balai teknik kesehatan lingkungan pengendalian penyakit Kalimantan Selatan.

Selanjutnya tinggal menunggu rekomendasi dari pemerintah pusat dan uji coba, targetnya pemeriksaan sampel SWAB mandiri ini bisa dimulai dua pekan ke depan.

Reporter : Nazat Fitriah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *