Kotabaru Miliki Lab PCR, SDM Masih Terbatas

Kotabaru, DUTA TV — Kabupaten Kotabaru akhirnya memiliki Lab PCR sendiri. Namun karena masih terbatasnya SDM, sementara Lab akan beroperasi tiga hari dalam sepekan.

Sebelumnya berbagai persiapan mulai pengadaan hingga legalitas dilakukan sejak Desember 2020. Dengan memiliki Lab PCR sendiri pendeteksian kasus COVID-19 ke depan akan lebih cepat.

Selama ini sampel swab harus dikirim ke lab di tanah bumbu atau banjarbaru dan perlu waktu beberapa hari untuk mendapatkan hasilnya. Namun dengan alat PCR yang ada, hasil tes bisa diketahui dalam satu hari.

Lihat Juga :  Dituduh Sebar Hoax, Ketua Bawaslu Kotabaru Disidang DKPP

Kapasitasnya 30 sampel per sekali pemeriksaan dalam waktu kurang lebih lima jam. Untuk sementara Lab akan beroperasi tiga hari dalam sepekan karena masih masa penyesuaian serta terbatasnya SDM terlatih.

“mungkin kita butuh seminggu atau dua minggu untuk melihat kondisinya seperti apa, apakah petugas mampu mengerjakan selama 8 jam secara maraton tiga kali seminggu, kita lihat perlahan-lahan sesuai dengan penambahan petugas” ungkap penanggung jawab Lab RT-PCR RSDC Kotabaru Diana Sitohang.

Lihat Juga :  Banjir Bandang Terjang Perumahan Sigam Greenland

Sementara itu selain memeriksa sampel swab hasil tracking dan pasien dalam perawatan, di Lab ini masyarakat juga dapat melakukan tes PCR mandiri. Namun layanan tersebut masih menunggu penetapan tarif.

Reporter : Nazat Fitriah

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *