Komisi II Dorong Ekonomi Masyarakat Lewat Budidaya Ikan Air Payau

Kalimantan Tengah, DUTA TV — Mendorong laju roda perekonomian masyarakat di Kalsel, Komisi II DPRD Kalsel, bertandang ke instalasi budidaya ikan lahan gambut garung, Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

Kunjungan itu untuk menggali informasi terkait budidaya ikan di air payau. Dewan ingin, agar perekonomian masyarakat bisa ditopang melalui budidaya tersebut.

Pasalnya, banyak wilayah di Kalsel yang memiliki karakteristik serupa, dengan PH air dibawah lima.

Ketua komisi II mencontohkan, budidaya ini bisa diterapkan di wilayah Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Jika ini diterapkan dengan baik, maka akan berdampak pada kesejahteraan rakyat di sektor ekonomi.

“Tujuan komisi II kesini adalah untuk komparasi mengenai perbenihan terutama benih-benih di air dengan air payau dengan PH dibawah 5 sehingga nanti kita bisa mengetahui bagaimana perlakuan ikan dengan air payau atau dibawah PH5 bagaimana perlakuannya ini nanti bisa di Kalsel daerah Jejangkit bisa dikembangkan tadi sudah kita lihat ada bibit papuyu haruan patin ini nanti bagaimana pengembangan di Kalsel karena di Kalsel banyak yanh PH-nya rendah,” kata Imam Suprastowo, Ketua Komisi II DPRD Kalsel

“Kami berharap dengan kami menginformasikan tekhnologi kami di lahan gambut, kami berharap dengan tekhnologi kami bisa dikembangkan di Kalsel ini bisa sebagai contoh untuk pengembangan lebih baik lagi,” ucap Juliansyah, Koordinator Instalasi Budidaya Ikan Lahan Gambut Garung.

Kendati mudah diterapkan di Kalsel di wilayah dengan karakteristik yang sama, namun pihak instalasi menekankan penanganan kendala pembudidayaan yang kerap terjadi, terutama saat musim hujan. Pasalnya, jika musim hujan tingkat keasaman air akan meningkat. Namun hal itu bisa ditanggulangi dengan pemberian kapur hingga PH air kembali normal.

Tim Liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.