KM. Lady Nathalia & KM. Baruna Alami Kerusakan Mesin di Selat Makassar

DUTA TV BANJARMASIN Kapal milik KPLP dan KSOP tingkat I Banjarmasin yang di bantu oleh tim SAR, akhirnya berhasil mengevakuasi 2 kapal motor yakni KM. Lady Nathalia dan KM. Baruna, yang mengalami kerusakan mesin di kawasan perairan selat Makassar Senin pagi (16/12/2019).

Kapal berjenis pesiar tujuan kota Makassar ini berhasil dievakuasi di perairan Tabonio setelah satu hari satu malam terombang abing, menggunakan KN. Chundamani dan KM. NP 363 hingga akhirnya kembali disandarkan di pelabuhan Trisakti Bandarmasih.

Menurut nahkoda KM. Lady Nathalia, Ahirudin, kapal yang dirinya kendalikan ingin menuju pulau Sembilan yang berada di selat Makassar, namun saat di pertengahan jalan kapal mengalami kerusakan mesin hingga mati total tepat pada pukul 16.00 Wita.

“Jadi kita sebenarnya sudah dari Tanah Laut ingin keluar ke Pulau Sembilan, nah pas di pertengahan jalan kita mengalami kerusakan itu, kami sudah mencoba memperbaiki tapi tidak bisa, itu pukul 4 sore pada hari Sabtu dan sekitar satu hari satu malam sudah di laut,” terang Ahirudin.

nahkoda KM Lady Nathalia, Ahirudin

nahkoda KM Lady Nathalia, Ahirudin

“Kita jam 20.00 mendapat perintah dari KSOP Banjarmasin untuk menolong kapal, dan kita bertolak dari Banjarmasin sekitar pukul 00.00 dan kita akhirnya menemukan mereka mengapung di laut Tabonio, dengan selamat tadi kita sampai sana,” ujar Capt. Eko Budi Suyanto komandan KN. Chundamani.

Capt. Eko Budi Suyanto komandan KN. Chundamani

Capt. Eko Budi Suyanto komandan KN. Chundamani

“Jadi untuk kapal ini memang sudah memiliki izin dan keluar dari pelabuhan sudah memang layak berlayar, namun ini bukan kelalaian namun ini adalah kerusakan mesin yang kita tidak tau, jadi kembali saya tekankan bahwa kapal harus memiliki surat izin dan pengontrolan layak jalan,” tambah Arifin Pulungan kabid keselamatan penjagaan dan patroli KSOP Banjarmasin.

Arifin Pulungan kabid keselamatan penjagaan dan patroli KSOP Banjarmasin

Arifin Pulungan kabid keselamatan penjagaan dan patroli KSOP Banjarmasin

Sementara itu kedua kapal yang mengalami kerusakan tersebut saat ini berada di pelabuhan Trisakti Bandarmasih, dimana kapal tersebut akan langsung diserahkan kepada agen atau pemilik kapal.

 

Reporter : Ade Yanuar

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Redha Aulia R

Uploader.
Follow Me:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.