Khataman Al Quran TPQ se-Banjarmasin Utara Dimeriahkan Lomba Ketan Hias

Banjarmasin, Duta TV Sebanyak 120 santri dan santriwati dari 24 Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) se-Kecamatan Banjarmasin Utara menjalani prosesi khataman Al Quran pada Kamis pagi (23/05/2024). Acara ini juga dimeriahkan dengan lomba ketan hias, sebuah kuliner yang sudah membudaya untuk disajikan setiap kali ada acara khataman Al Quran.

Ketan yang telah dihias cantik dinilai oleh Sekretaris Camat Banjarmasin Utara dan pemenangnya mendapat penghargaan. Khataman Al Quran se-Banjarmasin Utara ini diapresiasi oleh Sekretaris Kecamatan dan Ketua Pokja Forum Silaturahmi Ustad dan Ustadzah (FSU) Kota Banjarmasin. Mereka mengakui bahwa hanya FSU Banjarmasin Utara yang menggelar khataman se-kecamatan sebelum nantinya mengikuti prosesi khatam massal se-Kota Banjarmasin.

“Saya sangat menyambut baik karena Banjarmasin Utara ini termasuk yang kreatif dan bisa memberikan terobosan-terobosan baru untuk kegiatan santrinya dibandingkan dengan kecamatan lain. Mungkin nanti akhir Juli ada yang sekota,” kata Drs. Ma’ruf, Ketua Pokja FSU Kota Banjarmasin.

“Harapan kami sebetulnya ini kan disamping sebagai sekretaris kecamatan kita juga sebagai ketua sekretariat LPTQ Kecamatan Banjarmasin Utara. Harapan kami ke depan lebih baik lagi dalam hal kualitas dan kuantitas. Kami lebih mengutamakan kuantitas dulu. Alhamdulillah tahun ini bisa berpartisipasi 120an, ke depan mudah-mudahan lebih banyak lagi,” tutur Eddy Nawahyuni, Sekretaris Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Alhamdulillah kualitas tahun ini lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, baik laki-laki atau perempuan. Nah untuk FSU Kecamatan Banjarmasin Utara kami lebih gencar meningkatkan kualitas baca tulis Al Quran. Harapannya lebih ditingkatkan lagi, mudah-mudahan ini gedung penuh nanti diisi peserta khataman massal,” ujar Muhammad Faisal, S.Pd.I, Pembina FSU Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Hari ini alhamdulillah banyak 120 santri santriwati yang ikut khatam Al Quran dan mudah-mudahan tahun depan lebih banyak daripada sekarang, mungkin sudah 500an. Karena sejak 2021 sudah mengadakan khataman Al Quran sampai sekarang, ada yang berkali-kali dan ada dua kali, ada juga yang baru sekali ikut khatamnya,” tambah Hj. Rasunah, S.Ag, Ketua FSU Kecamatan Banjarmasin Utara.

Dalam khataman Al Quran ini, masing-masing peserta mendapatkan sertifikat tanda telah menyelesaikan bacaan Al Qurannya. Panitia juga memberikan piala kepada peserta khatam dengan kategori suara termerdu, pakaian terbaik, serta TPQ yang mengirimkan peserta paling banyak dalam khataman Al Quran se-Banjarmasin Utara ini.

Reporter: Evi Dwi Herliyanti

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *