Kamaliah Rela Tempuh Jarak Puluhan Kilo Demi Murid

DUTA TV HSS – Kamaliah, salah seorang guru pengajar di sekolah dasar Negeri SDN Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan terlihat bersemangat saat memberikan materi pembelajaran kepada anak didiknya saat melakukan program guru kunjung.

Namun, siapa sangka ibu 2 orang anak ini setiap harinya rela harus menempuh jarak puluhan kilo meter dari tempat tinggalnya di Kecamatan Sungai Raya untuk sekedar bisa bertemu dengan para muridnya yang hampir sebagian besar berlokasi di kawasan lereng pegunungan meratus.

Wabah pandemi Covid-19 yang merubah sebagian besar sistem pembelajaran di dunia pendidikan ini, tak menyurutkan niatnya untuk tetap berusaha agar bisa memberikan pembelajaran secara maksimal terlebih bagi para siswanya yang mempunyai keterbatasan sarana prasarana untuk melaksanan pembelajaran secara daring.

Guru kelas 6 ini juga tak menampik jika sering mengalami kendala saat melakukan kunjungan ke rumah siswa terlebih jika terjadi cuaca buruk  yang mengakibatkan akses jalan sulit dilalui.

“Proses belajar ini kelihatannya siswa sangat menyenangkan terutama mereka kayaknya sudah merasa jenuh di rumah saja kalau belajar dirumah kan sudah ada. Sekitar 3 bulan lebih jenuh dah siswa jadi kelihatannya sekian minggu kita pembelajaran ini kelihatannya senang sekali mereka nanti pada saat pembelajaran 1 minggu ada siswa yang tidak mengerti kita datangin lagi kerumahnya lalu kita bantu lagi menyampaikannya bagaimana caranya apalagi matematika ini untuk kelas 6 ini kan tahun ajaran baru mereka, mereka banyak yang tidak mengerti misalnya penjumlahan campuran ada bilangan bulat positif, ada bilangan bulat negatif jadi bingung mereka dan bagi mereka itu termasuk barang baru, kalau sukanya tadi siswanya belajar semangat senang kita melihatnya kemudian siswa terbantu dengan pembelajaran kita kalau dukanya itu kadang kadang harinya hujan menempuh kerumah siswa itu kadang-kadang sulit jalannya licin, paling jauh mendatangi sampai ke daerah Mandapai.” Kata Kamaliah.

Kamaliah guru pengajar di sekolah dasar Negeri SDN Batu Bini

Kamaliah guru pengajar di sekolah dasar Negeri SDN Batu Bini

Dengan memberikan pembelajaran yang maksimal, Kamaliah berharap apa yang dilakukannya juga dapat menjadi penyemangat bagi para muridnya untuk tetap bisa menempuh pendidikan dan menjadi inspirasi pada tenaga pendidik lainya untuk terus berjuang dalam mencerdaskan anak – anak.

Reporter : Muhammad Irfansyah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *