Kalimantan Selatan Target Raih Anugerah Parahita Ekapraya

DUTA TV BANJARBARU – Dinas Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) provinsi Kalimantan Selatan melakukan monitoring dan evaluasi penyusunan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender atau PPRG ke 30 SKPD yang ada di lingkup pemprov Kalsel secara bertahap.

Monitoring dan evaluasi dilakukan, agar Kalsel bisa kembali meraih anugerah Parahita Ekapraya, sebuah apresiasi dan penghargaan bergengsi di bidang pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak dari Presiden RI.

Kasi kualitas keluarga dan sistem data informasi dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel mengaku monitoring dan evaluasi penting dilakukan, mengingat di tahun 2018 lalu Kalsel meraih Anugerah Parahita Ekapraya atau APE kategori Madya.

“Nanti di tahun 2020 jangan sampai turun peringkat dari Madya ke Partama. Kami melihat ke SKPD – SKPD sejauh mana pengurusan itu dilaksanakan, kalau ada hal yang belum terlaksana kami akan melakukan pendampingan,” tutur Ismiyati Rukyaningsih Kasi Kualitas Keluarga dan Sistem Data Informasi DPPPA provinsi Kalimantan Selatan.

Beberapa indikator penilaian untuk pencapaian anugerah tersebut diantaranya komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, alat analisis gender, data gender, serta partisipasi masyarakat. Inovasi pun juga menjadi salah satu penilaian untuk terus mempertahankan APE, salah satunya menyediakan ruang laktasi dan tempat bermain anak di sudut-sudut kantor.

 

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

#UPDATE CORONA KALSEL



Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *