Juru Kunci Bantah Makam Datu Pamulutan Berpindah Tempat

Pelaihari, DUTA TV — Saiful Bahri salah satu juru kunci makam datu pamulutan menyampaikan pernyataan atau klarifikasi, terkait adanya isu pindahnya makam datu pamulutan di Pulau Datu, Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan Tanah Laut. Saiful Bahri membantah jika makam datu pamulutan berpindah, karena makamnya masih utuh.

Sementara menurut Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama FKUB Kabupaten Tanah laut Al Makmun, menghimbau kepada netizen atau masyarakat, agar tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang tidak benar di media sosial.

“kami koordinasi dengan Polres Kemenag Kesbangpol dan pihak terkait.cek lapangan, memang disana ada tiga makam yang salah satunya konon katanya pindahan dari makam datu pamulutan di batakan sana, kami klarifikasi dengan pemilik lahan dan perangkat desa, kemarin ada peresmian hari ahad kami sepakat karena pemilik lahan tidak sependapat,” katanya.

Sementara itu, makam datu pamulutan berada di puncak Pulau Datu Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut. Datu Pamulutan dikenal sebagai seorang wali allah dengan nama aslinya adalah Sultan Hamidinsyah berasal dari Batang Banyu Mangapan, Martapura Kabupaten Banjar. Datu pamulutan merupakan nama gelar yang disematkan oleh masyarakat Desa Tanjung Dewa, gelar tersebut diberikan warga karena keahliannya menangkap burung dengan cara dipulut menggunakan getah pohon sebagai perekat.

Reporter : Suhardadi.

Redaksi

Editor & Uploader

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *