Jelang Idul Fitri, Satgas Pangan Kotabaru Pantau Stok dan Harga Bahan Pokok

Kotabaru, Duta TV Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Satgas Pangan Kabupaten Kotabaru melaksanakan survei ketersediaan dan stabilitas bahan pokok menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dalam kegiatan ini, tim memantau stok dan harga bahan pokok di Pasar Kemakmuran serta beberapa minimarket. Dari hasil pemantauan, harga bahan pokok di Kabupaten Kotabaru saat ini relatif stabil. Bahkan, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga, seperti bawang merah yang sebelumnya dijual 42 ribu rupiah per kilogram turun menjadi 37 ribu rupiah per kilogram.

Komoditas lain yang turut mengalami penurunan harga yakni cabai rawit yang beberapa hari lalu sempat mencapai harga 90-100 ribu rupiah per kilogram turun menjadi 70-80 ribu rupiah per kilogram. Kemudian, ikan bandeng dari sebelumnya 25 ribu rupiah per kilogram turun menjadi 20 ribu rupiah per kilogram.

“Harga bahan pokok di Kotabaru stabil, bahkan ada beberapa komoditas mengalami penurunan termasuk bawang merah turun kurang lebih 5 ribu, kemudian cabai rawit beberapa hari lalu 90-100 ribu hari ini ada yang 70 ribu-80 ribu,” ujar Hardhani, Kepala Diskoperindag Kotabaru.

Sementara untuk stok bahan pokok juga diklaim aman sampai beberapa bulan ke depan. Seperti beras, Bulog Kotabaru telah menambah pasokan ke pasar baik melalui pedagang eceran maupun penjualan langsung kepada masyarakat.

“Kita melakukan beberapa upaya yaitu menambah pasokan ke pasar melalui pedagang pengecer supaya beras dari Bulog bisa beredar lebih banyak dan masyarakat bisa menjangkau lebih mudah, selain itu kita juga lakukan operasi pasar ke konsumen di pasar limbur dan outlet Bulog dari Senin sampai Kamis,” tutur Aditya Dwi Hanggara, Kepala Bulog KC Kotabaru.

Selain pemantauan stok dan harga setiap harinya, upaya lain juga dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas bahan pokok selama Ramadan hingga Idul Fitri, yakni dengan mengadakan pasar murah secara bergiliran di kecamatan.

Reporter: Nazat Fitriah

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *