Jelang HUT RI-76, PLN Hadirkan Listrik Desa Masta

Kabupaten Tapin, DUTA TVJelang Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, PT PLN unit induk wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah bersama pemerintah Kabupaten Tapin, menghadirkan listrik untuk 54 kepala keluarga, di Desa Masta Kecamatan Bakarang, Kabupaten Tapin.

Untuk menghadirkan listrik di desa tersebut, PLN membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 4,65 kilometer sirkuit, jaringan tegangan rendah sepanjang 6,6 kilometer sirkuit, dan dua buah travo dengan kapasitas masing-masing 50 kilo volt ampere.

Lihat Juga :  PLN Tebar Diskon 50% Juli – September !

Senior manager perencanan PLN Kalselteng Novalince Pamuso mengatakan, infrastruktur kelistrikan yang dibangun PLN tersebut, dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan listrik sekitar 54 keluarga, dengan investasi 1,8 miliar rupiah. Artinya, untuk melistriki setiap pelanggan biayanya berkisar 33,3 juta rupiah.

“Infrastuktur listrik yang telah dibangun dan diresmikan di Desa Masta ini adalah infrasuktur milik kita bersama yang harus kita jaga bersama agar kita dapat menikmati listrik dengan nyaman dan terus mampu mendorong dalam peningkatan ekonomi untuk khususnya Desa Masta,” ujar Novalince Pamuso.

Lihat Juga :  PLN Tebar Diskon 50% Juli – September !

Sementara Bupati Tapin menyampaikan dukungannya kepada PLN yang terus berupaya dalam kegiatan melistriki desa-desa, untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Ia menghimbau masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam menjaga ketenagalistrikan.

“Saya mewakili masyarakat Desa Masta mengucapkan terimakasih atas hadirnya terang di Desa Masta untuk dinikmati dan mampu mendorong ekonomi masyarakat. Tentunya kami juga menghimbau untuk masyarakat agar juga turut berpartisipasi dalam menjaga infrastruktur dengan selalu bayar listrik tepat waktu dan tidak menanam pohon dekat jaringan,” terang Arifin Arfan.

Bupati Tapin, Arifin Arfan

Melalui program listrik desa, PLN terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi di Kalsel. Tercatat, hingga Juni 2021, rasio elektrifikasi di Kalsel telah mencapai 99,65 %.

Lihat Juga :  PLN Tebar Diskon 50% Juli – September !

Rasio elektrifikasi merupakan jumlah perbandingan rumah tangga berlistrik, baik listrik PLN maupun Non-PLN dengan total rumah tangga yang ada di suatu wilayah atau negara.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *