Irwandi Bocah Penderita Obesitas Dengan Bobot 125 KG

Tanah Laut, DUTA TV — Ahmad Irwandi bocah berusia 13 tahun warga , saat ini hanya bisa berbaring di tempat tidur rumahnya, karena tak mampu lagi untuk berdiri akibat bobot badannya saat ini mencapai 125 Kilogram . Siswa kelas VII MTS Negeri 7 Tala tersebut terpaksa kini tak bisa bermain dengan rekan sebayanya maupun teman sekolah akibat kelebihan berat badan yang ia derita.

Putra bungsu dari pasangan almarhum Nafiah dan Mardiah ini, sejak masa kecil memang sudah bertubuh bongsor, namun sejak dua bulan terakhir ini berat badannya semakin tak terkendali Bahkan belakangan ini, dirinya sering mengalami sakit di bagian lutut dan persendian bahu tangannya pun tak luput dari rasa nyeri.

Irwandi yang tinggal di Desa Kuringkit RT 8 Kecamatan panyipatan Kabupaten Tanah Laut ini menceritakan, Sebelumnya ia biasa bermain dengan teman sebayanya di sekitar rumah dan menaiki sepeda jika berangkat ke sekolah.

“Biasa saya bermain lutut saya tidak merasa nyeri, bahkan sekolah mengendarai sepeda,” ungkap Irwandi .

Menurut Ibu dari Ahmad Irwandi, Mardiah mengaku tak menyangka perkembangan bobot tubuh anaknya menjadi sangat drastis sejak lulus sekolah dasar. Awalnya ia mengira putranya itu memiliki tubuh yang subur dibanding tiga kakaknya. Mardiah pun sempat membawa anaknya untuk berobat ke rumah sakit Borneo Citra Medika Kota Pelaihari, lalu kemudian dirujuk ke rumah sakit idaman Kota Banjarbaru.

Namun, belum sempat ditangani dokter ahli di rumah sakit idaman Banjarbaru, Mardiah sudah di tawarkan tarif Rp300.000 per kunjungan. Karena merasa tak mampu, Mardiah dan putranya Ahmad Irwandi pun akhirnya memilih untuk kembali pulang ke rumah.

“kami tak mampu jika biaya pengobatan sebesar itu per kunjungan,kami dari keluarga yang kurang mampu,” ucap Mardiah.

Bupati Tala Berikan Motivasi Kepada Irwandi

Mendengar ada seorang anak di Desa Kuringkit yang mengalami obesitas dengan bobot mencapai 125 kilogram, Bupati Tanah Laut (Tala) M Sukamta langsung mengunjungi kediaman bocah tersebut di Desa Kuringkit Kecamatan Panyipatan .

Bupati Tala Sukamta pun ingin agar Ahmad Irwandi untuk secepatnya dibawa ke RSUD H. Boejasin untuk dilakukan obervasi secara menyeluruh, “Supaya kita tahu  tindakan medis apa nanti yang bisa kita lakukan kedepannya, agar Irwandi dapat kembali menjalani kehidupan secara normal,” ujarnya.

Sukamta pun juga memberikan semangat kepada Irwandi, untuk tetap semangat agar dapat kembali bermain dan belajar seperti sedia kala lagi.

Usai di sambangi bupati sukamta pada senin ( 02/11) sore irwandi di bawa ke RSUD H. Boejasin Pelaihari . Namun karena peralatan yang kurang, Irwandi kemudian di rujuk ke Rumah Sakit Ulin Banjarmasin .

Saat dikonfirmasi ke Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut Nina Sandra, tim medis RSUD H.Boejasin sudah melakukan tindakan observasi terhadap irwandi . Kelebihan berat badan ( Obesitas) yang di alaminya lantaran adanya kelainan Hormonal pada tubuhnya , selain itu kadar Gula Irwandi yang cukup tinggi yang mencapai 400 serta Chol mencapai 300.

“ Untuk tindakan medis lebih lanjut , maka Ahmad Irwandi di rujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin “ , Ujar Nina.

Reporter : Suhardadi

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *