Inovasi : Paket Teh dari China

Di jaman serba canggih ini, bisnis apapun diperlukan inovasi dan kreatifitas terus menerus untuk memenuhi ekspektasi pasar. Ketika hanya terpaku hanya pada pakem dan tidak mencoba sesuatu yang baru, maka bersiap untuk tergilas oleh serbuan kreatifitas dan inovasi dari berbagai penjuru. Kompetitor kita tidak hanya seputar lokalan dimana kita berada, tapi dunia.

Menarik mengamati bagaimana China memasarkan paket teh lengkap dengan gula batu di dalamnya dan berbagai bunga serta daun yang diceritakan mengandung banyak khasiat. Indonesia tidak kurang dalam hal produk herbal. Selain punya banyak sumber dan juga memang jika melihat sejarah, nenek moyang bangsa ini sudah berfokus kepada berbagai konsumsi dan pengobatan herbal. Kekurangan kita yang masih harus ditingkatkan adalah pada inovasi dan kreatifitas, serta pengutan ‘strory’ yang membuat pasar tertarik untuk mengkonsumsinya.

Sebut saja wedang uwuh, wedang secang, beras kencur, kunyit asam dan lainnya. Diperlukan upaya pengemasan yang lebih simple seperti contoh teh dari China ini. Kemasan dan isi yang terlihat indah dan menarik, lengkap dengan gula kristal (gula batu) ditambah dengan cerita khasiat yang membuat orang percaya akan sangat menguatkan pemasaran produk ini. Kemasan atau ‘packaging’ juga harus diperhatikan, karena jika dengan sasaran export ataupun wilayah dalam negeri, harus dikemas menarik. Dalam satu kemasan sudah tidak diperlukan tambahan hal lain lagi, tinggal diseduh dan langsung dinikmati.

Menghadapi era bebas ini, inovasi hari ini adalah untuk besok dan besok bersiap untuk inovasi berikutnya, tentunya tidak boleh dilupakan adalah melakukan test pasar dan memastikan secara rasa dan kualitas kita memberikan yang terbaik. Tidak ada yang tidak mungkin, selagi kita mau terus melakukan eksplorasi terhadap berbagai produk yang menjadi kekuatan usaha kita (DR)


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *