Ingin Geopark Meratus Diakui Unesco, Dewan Inisiasi Perda Geopark

Jawa Barat, DUTA TV — Komisi III DPRD Kalsel, bakal menginisiasi peraturan daerah untuk kawasan hutan lindung meratus. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III, saat bertandang ke DPRD Jawa Barat.

Saat sharing terkait sistem drainase dan pengendalian banjir, Komisi III berinisiatif untuk membuat perda tentang Geopark dan berharap Geopark Meratus dapat cepat diakui oleh unesco.

Pasalnya, banjir yang saat ini kerap terjadi, diduga ditengarai karena banyaknya aktifitas pengerukan hingga pertambangan dan bahkan sudah menyasar kawasan hutan lindung meratus.

Komisi III berharap pemerintah daerah bisa ikut terlibat bersama sama untuk mempercepat proses pembentukan perda ini.

“Ini menarik ternyata membuat Perda untuk melindungi sebuah kawasan Geopark kita sekarang sedang berjuang menjadikan meratus sebagai Geopark oleh karena itu komisi III dengan ini akan menginisiasi membuat Perda tentang Geopark mudahan kita bisa membuat Perda ini bersama pemerintah daerah tapi dengan inisiatif dari kita untuk mempercepat Geopark itu bisa diakui unesco dan harapan kita supaya Kalsel kan hutan meratus itu termasuk dilindungi kalau meratus habis yang lain pasti habis,” kata H. Hasanuddin Murad

Bandung sendiri menjadi sasaran pembelajaran lantaran daerah ini memiliki perda untuk menangani permasalahan pengendalian banjir. Apalagi, permasalahan banjir ditengarai kiriman dari Bandung Utara, dimana daerah itu marak dengan pembangunan rumah, hotel, restoran dan cafe yang tidak memperhatikan aturan pengelolaan kawasan.

Tim Liputan

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *