Kesehatan Sosial

HSS Kembali Bersih-Bersih Massal

DUTA TV HSS – Seluruh desa yang tersebar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali melakukan aksi bersih – bersih massal.

Setelah sebelumnya menyasar sekolah, kali ini berdasarkan instruksi dari Pemerintah Kabupaten HSS, mereka melakukan pembersihan atau pembasmian sarang nyamuk di lingkungan tempat tinggal masing – masing.

Instruksi bersih-bersih desa ini sengaja dikeluarkan Pemkab berulang kali guna, agar warga dan aparat desa selalu tanggap dan memperhatikan penyebaran wabah penyakit demam berdarah dengue dan difteri yang belakangan cendrung meningkat. Salah satu yang pelu diperhtikan adanya keberadaan tanaman yang bisa menampung air namun selama ini luput dari perhatian.

“Kami titip pada kepala desa Amawang kanan ada kegiatan kebersihan lingkungan di kalangan masyarakat dan daun pisang yang sudah tidak berfungsi lagi dipotong aja karena di sanalah salah satu sarang nyamuk berada,”ujar Fikri.

Fikri juga mengingatkan agar sampah yang dibuang dipilah dan dikelola agar lebih berdaya guna.

“Kita lihat tumpukan sampah ini berpotensi. Kita kerjasama dengan Dinas Perumahan Rakyat agar dikelola. Mungkin sampah – sampah yang ada ini masih bernilai ekonomis. Makanya dari dua kali gerakan ini banyak hal yang bisa kita lakukan, salah satunya sampah yang dikumpulkan masyarakat akan diangkut untuk dipilah,”tambah Fikri.

Untuk memberikan efek bagi lingkungan, Pemkab juga menggandeng bank sampah untuk mengumpulkan sampah dan menyortirnya agar dapat dimanfaatkan kembali  termasuk untuk potensi menambah pendapatan.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

 


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *