Hati – hati, Penipu Tabung Oksigen Mulai Beraksi !

Jakarta, DUTA TV  — Kelangkaan tabung oksigen di tengah pandemi COVID-19 dimanfaatkan sejumlah oknum. Mereka mencari keuntungan dengan melakukan penipuan, seolah-olah menjual tabung oksigen.

Penjualan tabung oksigen fiktif ini sempat viral beberapa waktu yang lalu. Polda Metro Jaya kemudian bergerak menangkap para pelaku penipuan.

“Tiga tersangka ini memanfaatkan momen ini dengan mencari keuntungan dengan menawarkan tabung gas oksigen melalui media sosial. Uang sudah ditransfer tapi barangnya tidak ada,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/7/2021).

Lihat Juga :  56 Ton Liquid Oksigen Cair Bagi Pasien COVID-19 Tiba di Kalsel

Yusri mengatakan, para pelaku memanfaatkan kepanikan warga atas kelangkaan tabung oksigen.

Tiga tersangka ini melancarkan aksinya melalui media sosial. Mereka mempromosikan diri seolah-olah menjual tabung oksigen melalui akun @umina_collection99.

Yusri mengatakan para pelaku menjual tabung oksigen ukuran 1 meter kubik dengan harga yang tinggi.

“Ada beberapa warga yang merasa ditipu oleh akun ini di media sosial. Harga per tabung sekitar Rp 750 ribu dan kita telah mengamankan tiga tersangka,”

Lihat Juga :  Harga Oksigen Naik Hampir 60 Persen

Para pelaku dijerat Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Nomor (UU) 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau Pasal 378 KUHP, Pasal 8 ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 45a ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Ancamannya enam tahun penjara.(dtk)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *