Hari ini PPKM Level 1-4 di Indonesia Berakhir

Jakarta, DUTA TVPemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2 di Indonesia untuk menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19) yang diperpanjang sejak 5 Oktober lalu akan berakhir hari ini, Senin (18/10).

Pemerintah telah memberlakukan PPKM Level 4,3, dan 2 sebanyak 10 kali perpanjangan sejak awal penanganan pandemi Covid-19. Belum diketahui secara pasti setelah hari ini apakah pemerintah bakal menghentikan PPKM secara total, atau memperpanjangnya lagi dengan hanya memperluas kebijakan dalam relaksasi mobilitas warga.

Pemerintah sebelumnya mengaku akan terus mengevaluasi pelaksanaan PPKM di seluruh wilayah Indonesia setiap dua pekan sekali. PPKM berlevel di seluruh kabupaten/kota akan ditetapkan ulang oleh pemerintah berdasarkan hasil evaluasi dari sejumlah indikator penilaian yang ada.

Adapun indikator penilaian tersebut mencakup jumlah kasus positif Covid-19, kasus kematian, kasus kesembuhan, tingkat testing dan tracing, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit, hingga capaian vaksinasi di wilayah masing-masing tersebut.

Bila dilihat dari perkembangan kasus Covid-19 selama dua pekan PPKM berlevel dengan dibandingkan pada dua pekan sebelumnya, sejumlah indikator penanganan Covid-19 di Indonesia mulai menunjukkan perkembangan yang membaik.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat adanya tren penurunan kasus positif dalam dua pekan terakhir. Dibandingkan dengan periode PPKM Sebelumnya, laju penambahan kasus positif juga diketahui mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 per Minggu (17/10), pada periode 22 September-4 Oktober, jumlah kumulatif penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 24.428 kasus. Sementara itu pada periode 5-17 Oktober, jumlah kasus positif Covid-19 tercatat mengalami penurun menjadi 14.552 kasus.

Tren penurunan serupa juga terjadi pada kasus kematian warga yang meninggal akibat Covid-19. Dalam data yang sama tercatat jumlah kasus kematian akibat Covid-19 pada periode 22 September-4 Oktober mencapai 1.456 kasus. Angka ini menurun hingga setengahnya menjadi 691 kasus kematian selama dua pekan terakhir pelaksanaan PPKM ke-10 ini.(cnni)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *