Gunung Mas Teliti Penemuan Keramik Kuno China

Gunung Mas, DUTA TV — Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, akan meneliti terkait ditemukannya benda cagar budaya berupa keramik buatan China oleh warga Desa Tuyun, Kecamatan Mihing Raya yang diunggah warga di media sosial.

Menanggapi unggahan tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunung Mas (Gumas) Eigh Manto di Kuala Kurun, Senin (12/10), mengatakan pihaknya akan segera melakukan pemeriksaan ke lapangan.

“Kami akan melakukan pengecekan ke lapangan, untuk mengetahui kebenaran unggahan tersebut,” kata Eigh Manto.

Menurut dia, dari unggahan di Facebook, benda cagar budaya yang ditemukan oleh warga berupa keramik buatan China, seperti piring dan mangkuk. Untuk jumlah keseluruhan belum bisa dipastikan, namun diperkirakan mencapai puluhan.

Dari pemeriksaan lapangan diharapkan akan diketahui berbagai hal seperti jumlah benda yang ditemukan, asal atau lokasi penemuan guna ekskavasi dengan dinas terkati.

“Ekskavasi itu seperti kita melakukan rekonstruksi. Di mana benda cagar budaya tersebut ditemukan, lalu kita teliti, apakah di lokasi tersebut dulunya rumah, atau kuburan, atau lainnya,” kata dia.

Dia meminta kepada warga yang menemukan benda cagar budaya agar tidak takut melapor kepada Disbudpar Gumas, karena dinas tidak akan mengambil alih. Terlebih jika benda ditemukan di lahan pribadi. Jika warga melapor ke Disbudpar Gumas, maka dinas akan melakukan pencatatan, mendokumentasikan, dan lainnya sebagai bentuk perlindungan bagi warga yang menemukan.

“Ketika benda tersebut dicuri atau diambil secara paksa, maka ada perlindungan hukum bagi penemu. Jadi jika terdata malah menguntungkan bagi warga yang menemukan benda cagar budaya,” katanya.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *