Getaran Gempa M 7,4 Maluku sampai Australia

Maluku, DUTA TV — Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, Kamis (30/12) pukul 01:25 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menginformasikan gempa tersebut terasa hingga Darwin Australia dalam skala III-IV MMI (satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi) dan tidak berpotensi tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG.

BMKG mencatat pusat gempa berada di laut 45 kilometer Barat Daya Maluku Barat Daya. Sementara lokasi gempa berada di 7,76 Lintang Selatan—127,66 Bujur Timur dengan kedalaman 210 kilometer.

Selain Darwin Australia, getaran gempa dirasakan sampai Tiakur dalam skala V—VI Modified Mercalli Intensity (MMI), Tepa dalam skala IV—V MMI, Saumlaki dalam skala IV MMI.

Selanjutnya Tual dalam skala III MMI, Raja Ampat dalam skala II MMI, Kota Sorong dalam skala II MMI, Waingapu dalam skala III—IV MMI, Rote dalam skala III MMI, dan Sabu dalam skala II MMI.

BMKG kembali menginformasikan terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 5,2 di Maluku Barat Daya pada hari Kamis pukul 02:21 WIB.

Lokasi gempa berada di 7,81 Lintang Selatan—127,69 Bujur Timur dengan kedalaman 167 kilometer dan pusat gempa berada di 39 kilometer Barat Laut Maluku Barat Daya.(net)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *