Gelar Pesona Banjar, Sarana Pelestari Budaya Daerah

DUTA TV BANJAR – Gubernur  Kalimantan Selatan  Sahbirin Noor (Paman Birin), Sabtu ((28/9) malam membuka secara resmi Gelar Pesona Budaya Banjar, di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan Yusuf Effendi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan  upaya pelestarian, pengembangan dan perlindungan budaya di daerah.

“Gelar pesona budaya ini adalah salah satu upaya pelestarian pengembangan, perlindungan serta media promotif pelestarian seni dan budaya,”terangnya.

Yusuf juga mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan beragam lomba, diantaranya bakisah tingkat guru TK dan lomba tari anak tingkat SD. Di samping itu juga dilaksanakan pameran seni lukis, intalasi, dan pagelaran seni pada tanggal 27-29 September

Tak hanya di Kiram Park, lomba juga dilakukan di Taman Budaya Banjarmasin.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewadahi kesenian di Kalimantan Selatan agar dapat berjalan secara dinamis,” tambah Yusuf.

Sementara dalam sambutannya, Paman Birin memberi  apresiasi atas  terlaksananya acara tersebut.

Misi penting kegiatan ini adalah dapat mempromosikan kekayaan budaya yang ada di daerah.

“Kegiatan ini menyadarkan kita bahwa seni budaya daerah tidak hanya menunjukan identitas  daerah kita memiliki peradaban seni yang hidup sejak era dulu, dan berdampak positif bagi  nilai sosial dan kemasyarakat,”katanya.

Paman Birin juga berharap agar kegiatan gelar seni budaya dapat membuat daerah lebih dikenal, dan meningkatkan wawasan serta persepsi masyarakat sehingga setiap generasi dapat menikmati.

Dalam acara yang dihadiri oleh Anggota Forkopimda lingkup Provinsi Kalimantan Selatan dan para pelaku budaya di Kalimantan Selatan tersebut, juga dilakukan pembagian hadiah Lomba Mars Bergerak tingkat SMA sederajat serta Lomba Lagu Banjar.

 

Tim Liputan

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *