Peragaan Pakain Adat Meriahkan Hari Kartini PAUD Terpadu Hang Tuah

Banjarmasin, Duta TV Peringatan Hari Kartini yang seyogyanya diperingati setiap 21 April, dimeriahkan dengan gelaran peragaan busana atau fashion show.

Di PAUD Terpadu Hang Tuah Banjarmasin, puluhan siswa tampil menggemaskan di atas panggung dengan mengenakan pakaian adat kedaerahan, Sabtu (20/4) siang. Ada pakaian adat Jawa, Lampung, Dayak, Banjar, Bali hingga Sunda.

Kepala Sekolah PAUD Terpadu Hang Tuah Banjarmasin, Emi Yuli Astuti menuturkan kegiatan ini selain untuk mengasah kreativitas serta rasa percaya diri siswa, juga sebagai implementasi Permendikbud Nomor 50 tahun 2022 tentang penggunaan pakaian adat pada acara tertentu.

Kegiatan ini pun sudah menjadi agenda tahunan yang acap kali digelar sekolah di bawah komando Angkatan Laut tersebut.

“Hari ini sekolah kita peringatan Hari Kartini sebagai implementasi dari P5 yaitu mengenalkan adat istiadat,” kata Emi.

Kegiatan ini pun mendapat antusias cukup tinggi, tidak hanya bagi siswa namun juga di kalangan orang tua. Aya, salah seorang wali murid yang menyaksikan langsung anaknya tampil  menilai hal ini sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan kekayaan adat dan budaya Indonesia.

“Lewat kegiatan seperti ini siswa jadi tahu tentang adat dan budaya Indonesia, salah satunya lewat pakaian khas daerah” tuturnya.

Untuk memotivasi siswa, pihak sekolah turut memberikan piala sebagai bentuk reward kepada semua peserta yang mengikuti peragaan busana Hari Kartini ini.

Reporter: Nina Megasari

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *