Pemerintahan

Fantastis ! 3,5 Miliar Untuk Kunker DPRD Kalsel

DUTA TV BANJARMASIN – Para wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD Kalimantan Selatan dalam waktu dekat bakal melaksanakan kunjungan kerja ke luar negeri. Rencana itu dibenarkan Ketua DPRD Kalimantan Selatan pasca rapat paripurna Kamis (07/02) pagi.

Menurut DPRD Kalimantan Selatan, Burhanuddin, rencana perjalanan ke luar negeri itu sudah sesuai dengan aturan, bahkan sudah dilaksanakan wakil rakyat dari provinsi lain.

Hal itu juga berdasarkan hasil rapat pimpinan Dewan pada Badan Musyawarah, Rabu (06/02) sehingga tinggal menunggu keputusan masing – masing komisi.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dipelajari di luar negeri.  Diharapkan hasil kunjungan kerja bisa diaplikasikan di Kalimantan Selatan.

“Sudah diagendakan oleh Banmus melakukan perjalanan ke luar negeri dan ini dilaksanakan untuk per komisi, beda – beda sesuai porsinya. Kalau lahan gambut katanya di Belanda, jadi masing – masing  sudah ada yang atur,”ujar Burhanuddin.

 

Kunker sedot anggaran Rp 3,5 milyar

Perjalanan para wakil rakyat ke luar negeri ini memerlukan dana yang tidak sedikit.

Berdasarkan alokasi anggaran, 1 anggota dewan akan mendapat uang perjalanan yang mencapai Rp 65 juta. Jika ditotal, anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 3,5 milyar.

“Untuk pagu anggaran dialokasikan sekitar 65 juta per orang. Jadi dikali 55 anggota sebesar 3,5 milyar. Per orang kami tidka bisa menentukan dulu rencana anggaran biaya. Misalnya menyangkut ke luar negeri. Eropa dan Asia beda pagunya. Kami mematok sementara 65 juta per orang, tidak bisa dirubah lagi,”jelas Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Kalsel M. Jaini.

Terkait rencana perjalanan ke luar negeri ini, Komisi I yang membidangi hukum disebut sudah mengkonsultasikannya ke Kemendagri. Sehingga perjalanan itu dinilai tidak menyalahi aturan. Apalagi kunjungan kerja yang dilaksanakan para wakil rakyat selama ini dianggap sudah memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan daerah.

 

Tim liputan


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *