Empat Penyakit Penyerta Kasus Positif Covid-19

DUTA TV BANJARMASIN – Dinas Kesehatan kota Banjarmasin bersama Tim Gugus Tugas Penangan Covid-19, merilis daftar penyakit bawaan pasien terkonfirmasi kasus positif.

Dari data kasus positif Covid-19, didominasi empat penyakit bawanan seperti diabetes militus, hipertensi, jantung serta tuberculosis atau TBC.

Kadinkes kota Banjarmasin Machli Riyadi menuturkan, jika 30% angka kematian yang disebabkan oleh virus corona di banjarmasin merupakan pasien yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta dari keempat penyakit tersebut.

“Dari kasus kematian yang banyak 30% diantaranya adanya komorbit, penyakit bawaan, dari pasien, diabetes militus, hipertensi, jantung serta TBC, inilah orang-orang yang dihimbau untuk berhati-hati,” ujarnya.

Terkait hal itu, pemerintah kota banjarmasin terus mengajak masyarakat untuk disiplin hidup sehat, serta mengedukasi tanpa henti dan hendaknya dipahami oleh lapisan masyarakat kota Banjarmasin, terlebih bagi masyarakat yang memiliki empat komorbid atau penyakit bawaan tersebut.

“Kalau tidak ada kepentingan mendesak di rumah saja, Banjarmasin saat ini masih berupaya memutus mata rantai,” tambahnya.

Reporter : Nina Megasari – Fadli Riski

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *