Dua Budayawan Banjarmasin Raih Anugerah Kebudayaan Kemendikbud RI

BANJARMASIN, DUTA TV Perwakilan Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyerahkan secara langsung anugerah budaya kepada dua budayawan asal Banjarmasin. Dua budayawan ini yakni Muhammad Suriani yang meraih anugerah kategori pelestari dan Ferdi Irawan kategori anak dan remaja.

Untuk kategori pelestari, Muhammad Suriani merupakan satu dari 180 calon penerima yang diusulkan dari seluruh provinsi di Indonesia, yang kemudian diseleksi menjadi 20 besar hingga akhirnya masuk dalam delapan besar yang meraih anugerah.

Lihat Juga :  Polres Banjar Raih Penghargaan Pelayanan Publik dari KEMENPAN RB

Uniknya, Muhammad Suriani merupakan satu satunya budayawan di Indonesia yang meraih anugerah pada kategori pelestari permainan tradisional. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab bagi Muhammad Suriani, untuk terus melestarikan permainan tradisional di tengah gempuran kecanggihan teknologi saat ini.

“Kedepannya ini menjadi tanggung jawab dan beban kita untuk terus melestarikan permainan tradisional di banjarmsin dan saya berharap pemerintah juga turut serta melestarikan salah satunya dengan memuat di pelajaran di sekolah,” ucap Suriani.

Lihat Juga :  Sahbirin Noor Dianugerahi Public Leader Award

“Sebenarnya tiap tahun ada agenda ini, tapi kita mengawali dua semoga tahun depan bisa lebih banyak,” terang Ikhsan Al-Haq kepala Dinas Budaya dan Pariwisata kota Banjarmasin.

Sementara, Ferdi Irawan yang meraih anugerah kategori anak dan remaja dinilai dari kemampuannya dalam membawakan kesenian khas Banjar bemadihin, yang diharapkan mampu menyebarluaskan kesenian ini di kalangan pemuda. Selain mendapat penghargaan keduanya juga meraih pin emas dan uang tunai puluhan juta rupiah.

Lihat Juga :  Berkat Terobosan Inovasi Ditlantas, Polda Kalsel Raih Penghargaan Trust Award LEMKAPI

Reporte : Evi Dwi Herliyanti


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *