DPS 2.787.624 Pemilih, Menyusut 81.000 Dari DPT Sebelumnya

Banjarmasin, DUTA TV — KPU menetapkan daftar pemilih sementara untuk Pilkada serentak mendatang berjumlah 2.787.624 orang pemilih, pada rapat pleno di Banjarmasin, Selasa siang(15/09/2020).

Angka tersebut berkurang dibandingkan data pemilih tetap pada pemilu 2019 lalu yang berjumlah 2.869.337 atau menyusut sebanyak 81 ribu lebih pemilih.

Ketua KPU Kalsel, Sarmuji mengatakan berkurangnya jumlah pemilih didasari berbagai persoalan mulai dari meninggal dunia, perpindahan domisili penduduk hingga status TNI Polri yang mengharuskan pemutakhiran oleh petugas penyelenggara pemilihan.

Lihat Juga :  Berkas Paslon HMJ dan Kawan Kita Lengkap

“Berkurang 81 ribu, nanti akan kita analisa apakah karena banyak meninggal, apakah kegandaan dapat terdahulu, kita ada mendengar kegandaan Itu bias saja meninggal, pindah, TNI Polri banyak sebab,” ucap Sarmuji Ketua KPU Kalsel

Sarmuji Ketua KPU Kalsel

Sarmuji Ketua KPU Kalsel

“Desa Dambung dan Dambung Raya, berdasarkan Kemendagri masuk Tabalong, ada temuan dua Coklit, itu perlu kejelasan, apakah secara administrasi bagaimana. Ini yang harus dipastikan dimana warga itu mendapatkan hak pilihnya,” kata Erna Kasypiah Ketua Bawaslu Kalsel

Erna Kasypiah Ketua Bawaslu Kalsel

Erna Kasypiah Ketua Bawaslu Kalsel

Dari angka DPS yang disampaikan KPU akan kembali melakukan perbaikan dari tanggapan masyarakat, hingga pada proses rekapitulasi daftar pemilih tetap untuk Pilkada pada pekan ketiga Oktober nanti.

Lihat Juga :  KPU Banjarmasin Atur Jumlah APK, Ibnu Sina Minta Lebih Terkoordinir

Reporter : Fadli Rizki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *