DPRD Kalimantan Selatan Usulkan Raperda Pemadam Kebakaran

DUTA TV BANJARMASIN – Peristiwa kebakaran yang kerap melanda di pemukiman warga di wilayah Kalimantan Selatan menjadi perhatian khusus anggota DPRD Kalimantan Selatan.

Saat menggelar rapat paripurna, para anggota dewan mengajukan rancangan peraturan daerah atau Raperda tentang pemadaman kebakaran ke pemerintah provinsi Kalsel, beberapa waktu lalu.

Perda ini nantinya bertujuan mengatur pembagian tugas pemadam atau relawan yang melakukan pemadaman.

Selain itu ada juga muncul usulan pemberian asuransi untuk memberikan rasa aman kepada seluruh petugas pemadam kebakaran saat menjalankan tugasnya.

“Ini inisiatif yang bagus, tentu bukan terkait kebaharan rumah tetapi hutan juga, kita sudah melakukan evaluasi untuk kedepan. Karena itu inisiatif DPRD ini memberikan penguaan pikiran untuk kita,” ucap Abdul Haris Makkie Sekdaprov Kalimantan Selatan.

“Membuat payung hukum kepada pemadam kebakaran di Kalsel, ada instusi terkait melakukan tugas masalah kebakaran seperti BPBD, Damkar yang sama-sama. Kami ingin kordinasi antar pemadam bisa satu pintu, SDM yang melaksanakan ada rewars yang diberikan seperti asuransi supaya terayomi,” jelas Suripno Sumas wakil ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain membahas Raperda kebakaran, pada rapat paripurna juga membahas perlindungan dan pemberdayaan petani, serta pandangan umum seluruh fraksi mereka terkait penjelasan gubernur terkait Raperda Kebun Raya Banua dan keamanan pangan.

 

Reporter : Zein Pahlevi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *