Pemerintahan Politik

DPC PDIP Kotabaru Jaring Bakal Calon Bupati

DUTA TV KOTABARU – DPC PDI Perjuangan kabupaten Kotabaru membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk pemilihan kepala daerah 2020.

Dengan perolehan 20% dari jumlah kursi di DPRD kabupaten Kotabaru partai ini memenuhi persyaratan untuk mengusung calon sendiri, namun calon itu tidak mutlak kader partai karena itu penjaringan bakal calon dilakukan secara terbuka.

Meski demikian sejak dibuka mulai 3 September 2019, tiga orang bakal calon bupati maupun wakil bupati yang telah mendaftar semuanya dari internal partai.

Rencananya tahap pendaftaran akan berlangsung sampai 20 September, setelah dilakukan seleksi administrasi, pengurus DPC akan menyampaikan hasilnya ke DPD, dan DPD mengirimkannya lagi ke DPP, DPP lah yang akan mengeluarkan rekomendasi pasangan bakal calon yang akan didaftarkan ke KPU.

“Kebijakan untuk mengusung secara langsung person yang akan menjadi calon bupati atau wakil bupati adanya di DPP, kita di kabupaten hanya melakukan pendaftaran, siapa yang layak jadi bakal calon kita serahkan ke DPD, kemudian akan disampaikn ke DPP seleksi secara langsung dilakukan oleh DPP”, ujar Zulkifli Ketua DPC PDIP kabupaten Kotabaru.

Zulkifli Ketua DPC PDIP kabupaten Kotabaru

Di sisi lain meski bisa mengusung calon sendiri PDIP Kotabaru tetap membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai politik lain.

Beberapa Parpol pun ada yang sudah melakukan penjajakan secara informal, walau masih terlalu dini bicara koalisi PDIP Kotabaru berniat untuk menghindari koalisi gemuk dengan alasan efektifitas.

 

Reporter : Nazat Fitriah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *