Dituduh Sebar Hoax, Ketua Bawaslu Kotabaru Disidang DKPP

KOTABARU, DUTA TV Ketua Bawaslu Kotabaru, Mohamad Erfan, Kamis siang (18/03/21) disidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu atau DKPP.

Sidang pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut pengaduan tim hukum pasangan calon bupati dan wakil bupati Kotabaru Burhanudin dan Bahrudin atau 2BHD.

Erfan dituduh menyebarkan informasi bohong dengan menyebut 2BHD melakukan politik uang dan mengumpulkan KTP Fiktif dalam pencalonan perseorangan.

Lihat Juga :  Datangi Bawaslu Kalsel Bukan Untuk Penuhi panggilan, Denny Malah Curhat dan Tuding Bawaslu Memihak

Konon tudingan itu dilontarkannya kepada seorang simpatisan 2BHD melalui Facebook Messenger. Namun dalam persidangan di DKPP, Erfan menyangkal adanya percakapan itu.

Soal dugaan pelanggaran pemilihan oleh 2BHD yang dianggap informasi bohong, Erfan menegaskan bahwa pihaknya memang ada menerima laporan.

“Atas laporan itu dilakukan penanganan pelanggaran sesuai peraturan Bawaslu no 8 tahun 2020, bahwa teradu menolak dalil pokok aduan pengadu yang menyatakan tindakan teradu bertentangan dengan peraturan DKPP tentang kode etik,” ujarnya.

Lihat Juga :  Bawaslu Kaji Dugaan 'politisasi masjid'

Sementara itu dalam sidang yang berlangsung lebih dari dua jam, Erfan dicecar berbagai pertanyaan oleh majelis. Majelis pemeriksa diketuai anggota DKPP Pramono Ubaid Tanthowi dengan anggota tim pemeriksa daerah provinsi Kalsel yang terdiri dari unsur masyarakat, KPU, dan Bawaslu.

Dari hasil persidangan ini, selanjutnya masing-masing anggota majelis akan menyampaikan rekomendasi untuk pengambilan keputusan.

Lihat Juga :  Relawan Paman Birin Laporkan Dugaan Black Campaign

Reporter : Nazat Fitriah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *