Distribusi Air PDAM Kotabaru Kembali Tidak Lancar

DUTA TV KOTABARU – Distribusi air PDAM Kotabaru di wilayah perkotaan kembali tidak lancar. Kondisi ini belum sebulan berselang setelah air leding normal pasca kemarau panjang.

Distribusi bergilir diberlakukan lagi-lagi lantaran stok air baku menyusut. Pasalnya hujan yang cukup intens hanya berlangsung kurang lebih 2 pekan.

Setelahnya hanya ada beberapa kali hujan dengan intensitas rendah di perkotaan, tidak di wilayah tangkapan air baku.

Lihat Juga :  Status PDAM Jadi Perseroda, Pengawasan DPRD Terancam Hilang?

Di samping faktor cuaca, PDAM Kotabaru juga mengidentifikasi faktor-faktor lain penyebab cepatnya debit air baku menurun.

Dari beberapa faktor itu yang dinilai paling krusial adalah banyaknya pipa swadaya masyarakat di sumber-sumber air baku PDAM dan letaknya lebih tinggi, pipa swadaya itu baik untuk keperluan pribadi maupun komersil.

“Masalahnya pertama pipa-pipa swadaya banyak di atas, kedua mungkin hutan, terus di gunung perak ada kebocoran di inteknya, tetapi sudah diperbaiki, tapi yang sangat mendasar itu banyak pipa swadaya di atas pipa PDAM,” tutur Syarwani PLT Kabag Humas dan Hublang PDAM Kotabaru.

Lihat Juga :  Dana Kompensasi Rp 700 M Direalisasikan Selama Lima Tahun

untuk mengatasi persoalan pipa-pipa swadaya masyarakat ini, sejak 2018 sebenarnya sudah ada pembahasan peraturan daerah tentang perlindungan air baku, akan tetapi entah mengapa sampai sekarang Perda itu tidak selesai.

Reporter : Nazat Fitriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *