Dispersip Tanbu Gelar Bimtek Sistem Administrasi Desa dengan Kearsipan

Batulicin, DUTA TV — Kecamatan Kusan Hilir bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Bimbingan Teknis Arsip dan Tata Naskah Dinas untuk kantor desa se-Kecamatan Kusan Hilir yang bertempat di gedung 7 Februari Pagatan, Kamis (7/10/21).

Kegiatan bimtek ini dihadiri seluruh bagian tata usaha masing masing kantor desa guna belajar bagaimana gambaran pengelolaan kearsipan, serta korespondensi untuk tata kelola administrasi pemerintahan yang lebih baik.

Dalam kegiatan bimtek tersebut terdapat 2 materi yang didapat oleh peserta bimtek, yang pertama materi tentang penyelenggaraan kearsipan yang dipaparkan oleh Kasi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan, Yanuar Silvantono, S.AP. dan materi berikutnya tentang tata naskah dinas di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yg dipaparkan oleh Arsiparis Ahli Pertama, Farid Junis Setiawan, S.IIP.
Setelah pemaparan materi oleh kedua narasumber, peserta bimtek diberikan post test, yaitu dengan mempraktekan apa yang telah disampaikan oleh narasumber.

Peserta ditugaskan untuk membuat surat sesuai ketentuan Peraturan Bupati No. 15 Tahun 2009 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, dan juga bagaimana cara menerima dan menangani surat masuk.

Camat Kusan Hilir, Arianto Sani dalam sambutannya pada saat membuka acara mengatakan, kegiatan bimtek terkait kearsipan ini sangatlah penting.

Sebab melalui pengelolaan arsip yang benar dan tertib merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi untuk membangun pemerintahan yg akuntabel, tata kelola kearsipan yg baik menjadi salah satu indikator penilaian keberhasilan pelaksanaan program Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP),.

“Oleh karena itu kita harus membenahi sistem kearsipan mulai dari pemerintahan desa,” Kata Camat Kusan Hilir.

Sementara itu Kabid Kearsipan Disperip Tanah Bumbu Hj.Noryana, menyampaikan apresiasi kepada pihak kecamatam dan desa atas penyelenggaraan bimtek ini.

“Kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Kecamatan Kusan Hilir yang mana diikuti oleh seluruh desa yang berada diwilayah Kecamatan Kusan Hilir,” Kata Kabid Kearsipan Dispersip Tanbu.

Kegiatan ini merupakan isiatif yang sangat bagus yang dilksanakan pihak kecamatan Kusan Hilir dengan menggelar kegiatan bimtek arsip dan tata naskah dinas untuk Kantor Desa se-Kecamatan Kusan Hilir.

Lebih lanjut Hj Noryana mengatakan, kegiatan ini sangat membantu kami dari dinas Disperip, sebab keterbatasan kami di masa pandemi ini yang masih belum sampai melaksanakan pembinaan kearsipan sampai ke Kantor Desa”, Pungkasnya.

Tim liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

RLPPD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2020

[smartslider3 slider="18"]

Rahmatillah

Editor & Uploader

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *