Dinkes Ingatkan Warga Tetap Jaga Prokes Saat Ramadhan

Banjarmasin, DUTA TV — Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Dinas Kesehatan kota Banjarmasin yang melibatkan promotor dan pendidik kesehatan masyarakat indonesia atau PPKMIB menyambangi kawasan makam Sultan Suriansyah yang berada di wilayah Banjarmasin Utara.

Disini, tim memberikan tandon air kecil beserta sabun cuci tangan kepada pengurus makam.

Selain itu, tim juga membagikan masker kepada pengunjung makam, warga dan pedagang sekitar menyusul sehari menjelang masuknya bulan ramadhan kawasan makam banyak diziarahi warga. setelah menyambangi makam, tim yang disebar ke lima kecamatan juga membagikan masker di perempatan lampu merah jalan lambung mangkurat.

Tim juga membentangkan spanduk sosialisasi penerapan prokes yang tetap harus dilakukan warga saat maupun setelah ramadhan. Pihak dinas kesehatan kalsel mengaku/ kegiatan ini sebagai upaya untuk mengedukasi dan mengingatkan warga, pentingnya menjaga protokol kesehatan di tengah padatnya aktivitas perekonomian dan keagamaan di bulan suci.

“Sasarannya masyarakat umum tempat tempat umum karena ini waktu yang tepat pada saat menjelang bulan ramadhan kita tahu biasanya saat ramadhan masyarakat kita dua tahun lalu ketat PPKM ya dan mereka sudah merasa jenuh beribadah di rumah sendiri merkaa juga ingin bersosialisasi beragama berhabung dgn tokoh agama di mesjid mushola layaknya sebelum pandemi itu sudah jadi kebiasaan masyarakat Kalsel ketika bulan ramadhan tempat ibadah rame tempat umum juga tidak kalah ramenya seperti pasar dan toko yang menjual kebutuhan sehari hari bahkan kalau di Banjarmasin ada tempat untuk mempromosikan makanan khas banjar yang ada cuman bulan ramadhan walaupun pemerintah tidak membuka pasar ramadhan nanti kenyataannya kita lihat yang berjualan di pinggir jalan yang membuat jadi titik kumpul jadi pada saat ini lah kita tetap mengingatkan memberikan edukasi ke masyarakat bahwa saat ini pandemi kita belum selesai dari pandemi menuju pandemi,” kata Nurul Ahdani, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kalsel.

Selain di pusat kota dan kawasan makam, tim juga disebar di tempat-tempat keramaian lain seperti pasar, kantor kecamatan hingga tempat ibadah. Petugas juga memberikan himbauan melalui pengeras suara di titik-titik berkumpulnya warga.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *