Dinas Perdagangan Kotabaru Minta Pedagang Tingkatkan Stok

DUTA TV KOTABARU – Dinas perdagangan kabupaten Kotabaru mencatat pergerakan harga sejumlah bahan pangan menjelang bulan Ramadan, terjadi kenaikan harga pada beberapa komoditas sudah terasa sejak bulan Maret 2019.

Diantara yang cukup signifikan yakni bawang merah dan bawang putih, harga bawang merah yang sebelumnya Rp 42.000/kg  dan bawang putih Rp 33.000/kg, kini berkisar Rp 50.000/kg nya.

Komoditas lainnya yang juga mengalami kenaikan harga yakni gula pasir, telur, daging ayam ras, minyak goreng, dan beras.

Untuk mengendalikan pergerakan harga, salah satu langkah yang sudah ditempuh yakni dengan menggelar operasi pasar di kecamatan-kecamatan, dengan bekerja sama dengan Dinas perdagangan provinsi Kalimantan Selatan.

Monitoring dan evaluasi ke lapangan juga dilakukan bersama tim satgas pangan polres Kotabaru.

Para pedagang diminta meningkatkan stok barang serta diperingatkan agar tidak melakukan penimbunan.

“Dari kami hanya memantau ketersediaan barang dan perkembangan harga, dan kita publikasikan kepada masyarakat, kita meminta kepada pedagang jangan sampai melakukan tindakan melanggar hukum, misal menyetok barang terlalu banyak dan melempar saat langka, tim satgas pangan pasti akan menindak dan kita juga sudah berkoordinasi dengan kawan-kawan dari tim satgas pangan polres untuk koordinasi,” ucap Mahyudiansyah, kepala Dinas perdagangan Kabupaten Kotabaru.

Mahyudiansyah, kepala Dinas perdagangan Kabupaten Kotabaru

 

Sementara itu untuk harga daging sapi masih relatif sama seperti tahun-tahun lalu, yakni di kisaran Rp 140.000/kg, mahalnya harga daging sapi di kabupaten Kotabaru dikarenakan ada margin biaya transportasi, namun demikian dari tahun ke tahun harganya tidak banyak berubah.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Redha Aulia R

Uploader.
Follow Me:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.