Di Sultra Keluarga Bawa Pulang Jenazah PDP Corona, Buka Plastik dan Makamkan Sendiri

 

DUTA TV – Peristiwa heboh terjadi saat seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona meninggal di Sulawesi Tenggara (Sultra), pihak keluarga nekat membawa jenazah pulang ke rumah untuk dimakamkan sendiri.

Tak hanya itu, jenazah PDP corona berusia 34 tahun yang masih terbungkus plastik dimasukkan dalam mobil pribadi, bukan ambulans.

Selanjutnya, setibanya di rumah duka, pihak keluarga juga membuka plastik pembungkus jenazah kemudian memandikannya seperti jenazah pada umumnya. Selanjutnya mereka memakamkan seperti biasa.

Dilansir dari KompasTV, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kolaka, Muhammad Aris mengatakan peristiwa ini terjadi pada Senin (23/3). Saat jenazah tiba di rumah duka, langsung dikerumuni masyarakat setempat.

“Semua prosesi begitu cepat dilakukan. Dimandikan kemudian dibawa ke pemakaman,” katanya.

Selain itu, Muhammad Aris juga membenarkan adanya pihak keluarga membuka plastik bungkus jenazah PDP corona tersebut sehingga tidak ada prosedur (penanganan PDP) yang dilakukan.

Atas peristiwa ini, lanjutnya, langkah yang dilakukan pemerintah adalah akan melakukan pemetaan pada warga setempat.

“Jadi seluruh yang sempat kontak dengan mayat ini kami selanjutnya menganjurkan isolasi mandiri, kemudian menunggu perkembangan,”katanya.

Sebelumnya, seorang (PDP) Covid-19 berjenis kelamin perempuan usia 34 tahun dinyatakan meninggal dunia di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas, Sultra, Senin (23/3/2020) sekitar pukul 11.00 WITA.(ern/kompas)

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider


Find me on storial.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *