Di sini nih, Gerbang Geopark Meratus

Pegunungan Meratus (Foto : wartapala)

Banjarbaru, DUTA TV — Kawasan pendulangan intan di Desa Pumpung Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru dijadikan pintu gerbang menuju Geopark Meratus sebagai salah satu upaya menyelamatkan lingkungan di Kalimantan Selatan.

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin mengatakan, jika rencana itu terwujud, maka akan membawa perubahan khususnya bagi perekonomian di daerah sekitar sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebelumnya, Aditya mengadakan pertemuan dengan Tim Geopark Meratus yang juga dihadiri pimpinan SKPD Pemkot Banjarbaru dan Pemprov Kalsel.

“Kawasan pendulangan intan Desa Pimpung Kecamatan Cempaka akan dijadikan pintu gerbang Geopark Meratus, sebagai salah satu upaya melestarikan pendulangan tradisional pendulangan intan,” ujar Aditya, Sabtu (11/12)

Dia menjelaskan, selain menyelamatkan kawasan pendulangan intan, langkah menjadikan pintu gerbang Geopark Meratus juga sebagai upaya mitigasi banjir terutama di kawasan Cempaka yang kebanjiran saat musim hujan.

“Langkah mitigasi banjir yang tengah disiapkan untuk Kecamatan Cempaka adalah pemanfaatan lahan bekas tambang PT Galuh Cempaka yang letaknya tidak jauh dari Geopark sehingga bisa diselaraskan,” ucapnya.

Tim Geopark Meratus Ali Mustopa mengatakan, Banjarbaru merupakan bagian dari kawasan Geopark Meratus yang dideliniasi di mana salah satunya berada di kawasan Desa Pumpung Kecamatan Cempaka.

“Kawasan pendulangan intan di Desa Pumpung masih dicari karena sifat tradisionalnya yang sudah tidak ada lagi di dunia sehingga aktivitas dan keseharian masyarakat itu akan kita satukan di Geopark,” ungkap Ali.

Ali menekankan, pengembangan kawasan Geopark Meratus diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat disamping akan menjadi salah satu geosite andalan Banjarbaru yang akan dikenalkan ke UNESCO. (ant)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.