Dewan Konsultasi Penambahan Penyertaan Modal ke PT Jamkrida

Jakarta, DUTA TV Tak ingin bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, panitia khusus (Pansus) II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menyambangi Kemendagri untuk mengkonsultasikan raperda tentang penambahan penyertaan modal pemerintah provinsi ke PT Jamkrida, perseroda Kalimantan Selatan.

Pasalnya, rencana penambahan penyertaan modal nilainya tidak sedikit yakni mencapai Rp105 milyar.

Dalam konsultasi ini, Wakil Ketua Pansus II M. Iqbal Yudianoor mempertanyakan bentuk program Kemendagri terkait penyertaan modal untuk BUMD, termasuk hal-hal penting lain yang perlu dalam draft raperda.

Berdasarkan arahan Kemendagri, Jamkrida diharapkan sama seperti bank pembangunan daerah, dimiliki oleh provinsi namun penyertaan modalnya melibatkan kabupaten/kota.

Pihak terkait juga diminta untuk melakukan analisa investasi terlebih dahulu, khususnya dari BPKAD provinsi Kalimantan Selatan sebagai bahan tambahan untuk DPRD dalam menggodok raperda ini, sehingga dari modal yang ditambahkan pemprov mengetahui berapa besar benefit yang akan diterima.

“Banyak masukan dari Kementerian dalam daerah, artinya perlu analisis bisnis lebih detil ditambah dengan  penyertaan modal. Ini artinya diperlukan juga plan dll. Dan kami baru dapat  informasi ada keterlibatan kabupaten/kota untuk  penyertaan modal, dan dibuka ruang itu. Kemendagri meminta itu dan kabupaten/kota juga membuka ruang, seperti Bank Kalsel dll. Ada saham di daerah. Bentuk keterlibatannya di saham, jadi oleh pemerintah daerah artinya semua perusahaan daerah juga memiliki saham,”terang Iqbal.

Rencananya, penambahan penyertaan modal Pemprov Kalsel kepada PT Jamkrida, sebesar Rp98 miliar berbentuk uang tunai dan dari aset daerah senilai Rp7 miliar rupiah.

Penyertaan modal dalam bentuk uang akan direalisasikan secara bertahap, yaitu pada tahun anggaran 2024 sebesar Rp48 miliar dan 2025 sebesar Rp50 miliar.

 

Tim liputan

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *