Pertambangan

Dewan Bahas Tambang Ilegal di Kalsel Bersama LSM dan Pemerintah

DUTA TV BANJARMASIN – Audiensi antar komisi III DPRD bersama Dinas ESDM Kalsel, serta sejumlah LSM terkait pertambangan ilegal ini digelar di kantor DPRD Kalsel, Senin (21/10/2019).

Dalam audiensi kali ini, sejumlah LSM kembali mempertanyakan persoalan maraknya pertambangan ilegal di beberapa wilayah di Kalsel dan penggunaan jalan umum yang dilintasi oleh truk angkutan, pertambangan dan perkebunan, baik terjadi di siang hari maupun malam hari yang dinilai sangat meresahkan pengguna jalan.

“Menindaklanjuti yang kemarin tentang tambang yang bermasalah, faktanya masih banyak ilegal mining mereka mengakali dan bermain dengan dukumen sehingga batubara itu bisa di kirim,” jelas Husaini LSM KAKI Kalsel.

Kepala bidang mineral dan batubara dinas ESDM Kalsel, Gunawan Harjito, mengakui jika pertambangan ilegal di Kalsel masih marak terjadi.

Namun ia memastikan pemerintah tidak hanya tinggal diam dan hal itu dilakukan dengan melakukan razia di beberapa wilayah dan mendapati aktivitas pertambangan, yang diduga ilegal atau peti dan kini ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

“Upaya kita bekerjasama bersama kepolisian, kita dapat informasi dari masyarakat serta perusahaan, kewenanganya ada di kepolisian kita hanya mendampingi kami tidak kewenangan,” terangnya

Dari data Dinas ESDM Kalsel operasi penambangan tanpa izin ini diketahui banyak berada di beberapa daerah di Kalsel seperti di kabupaten Hulu Sungai Selatan, kabupaten Banjar, kabupaten Tanah Laut, kabupaten Tanah Bumbu juga kabupaten Kotabaru.

 

Reporter : Mawardi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *