Debit Air Sungai Tapin Berangsung Normal

DUTA TV TAPIN – Kondisi debit air sungai Tapin berangsur normal pasca meluap hingga menggenangi sebagian wilayah di kabupaten Tapin sejak beberapa yang hari lalu.

Meski sudah masuk zona aman pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD setempat masih mengisyaratkan akan adanya peningkatan debit air kembali.

Isyarat tersebut menyusul guyuran hujan yang terus terjadi hampir setiap harinya, terlebih dari perkiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan, wilayah kabupaten Tapin sendiri akan terus diguyur hujan dari intensitas sedang hingga tinggi dalam beberapa waktu kedepan.

“Keadaan sungai Tapin sekarang berlangsung surut dan dikatakan normal sudah kondisi saat ini, meskipun malam tadi diguyur hujan, kondisi subuh kita pantau juga dalam keadaan normal sungai Tapin, mungkin dampak dari hujan yang mengguyur beberapa hari lalu menyebabkan ada beberapa desa atau kelurahan yang terendam, terus kondisi terakhir sampah menumpuk disungai masta, mungkin kita lihat dari cuaca yang dikirim BMKG mungkin kita masih siap siaga dalam memasuki musim hujan ini,” terang Akhmad Syofyan, Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Tapin.

Akhmad Syofyan, Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Tapin

Akhmad Syofyan, Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Tapin

Sementara itu dengan menurunnya debit air, BPBD Tapin berencana akan melakukan pembersihan tumpukan sampah yang terjadi di sungai Masta akibat derasnya aliran sungai itu sendiri.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah


Follow Me:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *