Dapat Restu Gubernur, Bupati Lantik Penjabat Sekda Tanah Bumbu

Tanah Bumbu DUTA TV – Ada yang berbeda seperti Jumat sebelumnya, pemandangan di Masjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi Batulicin seperti biasa. Jelang siang, ketika matahari berada diatas ubun-ubun, ribuan masyarakat kabupaten Tanah Bumbu memadati bangunan megah masjid yang dibangun diera pemerintahan periode pertama bupati Zairullah Azhar untuk menggelar Salat Jumat berjamaah.

Hal ini sudah menjadi rutinitas setiap pekannya. Namun usai Jum’atan kali ini, (8/1/2021), ada pemandangan berbeda seperti biasanya. Diantara ribuan jamaah masih banyak bertahan diruang utama masjid, sembari duduk lesehan.

Sebagian besar merupakan pejabat utama dilingkungan Pemkab Tanah Bumbu, bahkan diantaranya kepala daerah seperti Bupati Sudian Noor dan Wakil Bupati Ready Kambo.

Setelah disimak, ternyata ada kegiatan pengambilan sumpah jabatan Ambo Sakka, resmi dilantik sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Tanah Bumbu yang baru.

Lihat Juga :  Sudian Noor : Puluhan Desa Akan Terlayani Air Bersih

Menurut Bupati Sudian Noor, pengambilan sumpah jabatan ini sudah mendapatkan restu dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Kamis (7/1/2021) malam kemarin. Namun ia punya alasan mengapa pelantikan dipusatkan di Masjid Agung Nurussalam.

“Saya sengaja menggelar pengambilan sumpah jabatan ini di Masjid Agung, agar nantinya hati para pejabat bisa seperti masjid, tempat yang suci yang wajib kita jaga. Harapannya pejabat dalam menjalankan tugasnya nanti seperti kebersihan ditempat ini. Jangan sampai ternoda dengan hal-hal yang mengurangi makna kesucian itu,” ucapnya panjang lebar usai pelantikan.

Ia optimis, berangkat dari masjid, semua niat baik bisa menjadi ibadah. Sudian tak menampik, jika pihaknya sengaja menggiring upaya-upaya keagamaan seperti ini untuk mendukung terwujudnya program Serambi Madinah kedepan.

Lihat Juga :  Bupati, Walikota Terpilih Dilantik Akhir Februari

“Dulu sudah pernah diamalkan kegiatan coffee morning di beranda masjid. Dengan tujuan menunjukkan kepada dunia luar, seperti inilah keseharian masyarakat dan pemangku kepentingan di Tanah Bumbu dalam menerapkan motto Bersujud,” lanjutnya.

Bupati menambahkan, para pesohor terkenal dimasa lampau kerap memulai semua aktivitas dari masjid. Sehingga ia pun ingin mengikuti jejak langkah para tokoh-tokoh penting dunia masa lalu.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengingatkan penjabat Sekda dan seluruh kepala SKPD dilingkup pemkab Tanbu dalam membuat program dan kebijakan agar merujuk visi misi kepala daerah terpilih yang baru.

“Pekan depan saya akan menerbitkan RKPD transisi, agar semua SKPD merujuknya dari situ. Jangan sampai buat program-program sendiri. Tapi harus menyesuaikan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati baru,” katanya mengingatkan.

Lihat Juga :  Pengadilan Negeri Tanah Bumbu Sosialisasikan Aplikasi Eraterang

Terkait rumor pemberhentian sekretaris daerah yang lama, Rooswandi Saleem, sesuai SK Bupati nomor T/882/007/BKD-MP.3.BUP/I/2021, tertanggal 5 Januari 2021, yang ditandatanganinya, Sudian Noor beralasan untuk menindaklanjuti surat pengunduran diri yang bersangkutan.

“Terbitnya SK pemberhentian itu karena adanya surat pengunduran diri yang bersangkutan sebagai Sekretaris Daerah. Paling lama 5 hari usai surat itu harus sudah langsung terisi. Terakhirnya hari Jum’at ini harus terisi oleh penjabat baru, dan mendapatkan restu gubernur,” jelasnya, seraya menerangkan jika mantan sekda sekarang posisinya sebagai ASN fungsional umum.

Turut berhadir Kapolres AKBP Himawan Sutanto Saragih serta Dandim 1022/TNB Letkol CPN Rakhmat Trianto, anggota DPRD Tanah Tumbu, Fawahisa Mahabattan dan Andi Asdar Wijaya.

Iwan-Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *