Cempaka Kembali ‘Diterjang’ Banjir

DUTA TV BANJARBARU – Puluhan rumah dan Sebuah Sekolah Madrasah di kelurahan Cempaka, terendam dengan kedalaman sekitar 40 cm, dikarenakan sungai Kuranji yang melintasi wilayah tersebut meluap.

Air sungai Kuranji menyusul tingginya intesitas hujan dari bagian Hulu di Gunung Kupang, pada Kamis sore (30/01/2020), bahkan karena hujan terus turun hingga malam hari banjir di kawasan Cempaka terus berlangsung hingga 6 jam.

Lihat Juga :  Banjir Rendam 15 Desa di Ketapang Kalimantan Barat

Sungai Kuranji Alami Pendangkalan dan Penyempitan  

Sementara luapan air  diduga tidak lepas dari kondisi  sungai Kuranji yang mengalami pendangkalan dan penyempitan akibat tumbuhnya bangunan rumah.

Sementara itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Banjarbaru, akan mempercepat program normalisasi sungai Kuranji untuk mengurani dampak banjir yang kerap terjadi di wilayah itu.

Lihat Juga :  Ratusan Rumah di Kapuas Terendam Banjir

“Langkah cepat yang kita lakukan adalah normalisasi sungai Kuranji dan mengatasi banjir di Cempaka,” jelas Jaya Kresnha, kadis PUPR Banjarbaru.

Selain pendangkalan dan penyempitan,  kondisi sungai Kuranji juga diperparah oleh aktivitas galian C secara illegal, gunung Kupang.

Reporter : Tarida Sitompul

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *