Bupati Bersama Dandim & Kapolres Kembali Resmikan 2 Kampung Tangguh Banua di Kecamatan Sei Loban

DUTA TV BATULICIN – Bupati H Sudian Noor bersama Dandim 1022/TNB dan Kapolres kembali meresmikan 2 Kampung Tangguh Banua (KTB) di Kecamatan Sungai Loban, Kamis (18/06/2020).

Dua desa yang diresmikan menjadi kampung tangguh banua di Kecamatan Sungai Loban yakni desa Wanasari dan desa Marga Mulya.

Adapun peresmian Kampung Tangguh Banua kedua desa tersebut di tandai dengan penandatanganan oleh Bupati Dandim 1022, dan Kapolres yang diwakili oleh Kabag Sumda Polres Tanah Bumbu.

Kedua desa tersebut diaggap telah menunjukan inovasinya dengan menjadi zero dalam pencegahan covid-19, yang mana tidak ada satupun tercatat di papan informasi untuk daftar ODP, PDP dan OTG Covid-19 (Zona Hijau) untuk 2 desa tersebut.

berkat kerjasama semua tim relawan kedua desa tersebut telah mampu menekan angka penyebaran covid-19 diwilayah nya masing-masing, dengan beberapa inovasi yang dilakukan guna mendukung penanganan covid-19.

Lihat Juga :  Kasus COVID-19 Meningkat, Kampung Tangguh Telawang Kembali Diaktifkan

Adapun inovasi yang dilakukan kedua desa tersebut diantaranya dengan rumah isolasi mandiri, posko kesehatan, posko induk, screning, dapur umum relawan dan lahan ketahanan pangan desa maupun ketahanan pangan masyarakat.

Untuk sektor ketahanan pangan kedua desa ini melaui sektor perkebunan, pertanian, perikanan air tawar dan peternakan.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor mengatakan, Saya berharap keberadaan Kampung Tangguh Banua, sebagai upaya penanganan covid-19 berbasis komunitas dan gotong royong, apalagi saat ini, bukan hanya acaman virus corona atau covid-19 yang kita hadapi, namun muncul ancaman akan kelangkaan kebutuhan pangan di masa pandemi covid-19 ini, Ujarnya.

Lihat Juga :  Kasus COVID-19 Meningkat, Kampung Tangguh Telawang Kembali Diaktifkan

Oleh karena itu mari kita bangun ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan masing masing dengan becocok tanam jangka pendek maupun jangka panjang sehingga hasil dari tamanan pekarangan dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari ditengah pandemic covid-19, Imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki,S.IK,M.Si melaui Kabag Sumda Kompol Ibnu Yulianto mengingatkan tentang pelaksanaan New Normal kepada masyarakat, agar masyarakat senntiasa tetap menjalankan protokol kesehatan seperti yang di anjurkan pemerintah pusat maupun daerah, Ujarnya.

Sementara itu Dandim 1022/TNB Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto, S.IP, M.Han, mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan sekitar, sebab melalui pola hidup bersih dan sehat kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, Ujarnya.

Lihat Juga :  Kasus COVID-19 Meningkat, Kampung Tangguh Telawang Kembali Diaktifkan

Pada acara tersebut Bupati H Sudian Noor didamping Dandim1022/TNB dan Kabag Sumda Polres Tanah Bumbu menyerahakan bantuan bibit sayuran dan ikan kepada Kepala Desa wanasari dan Kepala Desa Marga Mulya Kecamatan Sungai Loban.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati, Dandim 1022/TNB, Ketua TP PKK Kabupaten, Kabag Sumda, Kabag Ops Polres Tanah Bumbu, Kepala DPMD, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala perikanaan dan Unsur Muspika Kecamatan Sungai Loban.

 

Iwan – Kominfo Tanah Bumbu

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *