Bulan Terdinding Awan, 1 Ramadhan Tunggu Hasil Sidang Itsbat Malam Ini

DUTA TV BANJARMASIN – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Kalsel, Kamis petang (23/04/2020) melaksanakan pemantauan bulan atau rukyatul hilal di lantai 8 gedung bank Kalsel.

Acara digelar sederhana, hanya dihadiri beberapa perwakilan bidang Urais dan Badan Hisab Rukyat prov Kalsel.

Hasil pemantauan bulan dari ketinggian kali ini, tim hisab Rukyat tidak mendapati bulan yang dilihat melewati alat Theodolit, karena terdinding atau terhalang awan pasca Banjarmasin diguyur hujan dan hasil ini langsung dilaporkan ke Kementrian Agama RI di Jakarta, sebagai bahan sidang Itsbat penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah.

Namun berdasarkan kesimpulan Imkanurrukyat atau kemungkinan bulan dapat dilihat melalui metode hisab, sudah terpenuhi diketinggian lebih tiga derajat, sehingga tanggal 1 Ramadhan 1441 H bertepatan Jumat 24 April 2020.

Namun penetapan tetap menunggu pelaksanaan sidang Itsbat dari Kemenag RI di Jakarta, Kamis malam (23/04/2020).

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H. Noor Fahmi mengatakan, pelaksanaan Rukyatul Hilal ini sesegeranya di kirimkan Kementrian Agama. “Kondisi terdinding awan, belum kelihatan, besok seandainya ramadan dilaksanakan sholat Tarawih dan ini menjadi laporan ke Kemenag RI,” katanya.

Sementara itu, Kemenag Kalsel juga menghimbau agar umat Muslim patuh dalam upaya pencegahan Covid-19 yang gencar dilakukan pemerintah, dengan melaksanakan peribadatan dan amaliah Ramadhan tahun ini di rumah saja.

Lihat juga :Tak Ada Bukber, Sahur, Solat Tarawih Berjamaah Sepanjang Ramadhan

“Tahun ini berbeda, karena dalam situasi tanggap Covid-19, agar masyarakat muslim dalam melaksanakan amaliah Ramadhan dilakukan bersama keluarga inti dirumah masing-masing, jangan ada Tarawih, buka bersama, Sahur, ataupun tadarus Al-Quran di masjid, langgar ataupun musalla,” himbaunya.

Reporter: Fadli Rizki – Zein Pahlevi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *