Cuaca Kalsel

BPBD Verifikasi Penyebab Lain Banjir di 3 Kabupaten

DUTA TV BANJARBARU BPBD Kalsel menyimpulkan dari hasil verifikasi banjir di Gunung Sari Kota Baru, selain disebabkan jebolnya tangggul PDAM juga disebabkan longsoran tanah yang menutup akses drainase, sehingga genangan air tertahan dan berhasil diatasi setelah longsoran dibersihkan.

Sedangkan di wilayah Tanah Bumbu, banjir yang merendam hampir di 7 Kecamatan, dengan ketinggian air mencapai 2 meter, hingga sudah surut hingga ketinggian mata kaki.

BACA JUGA : Penyimpangan Cuaca Diprediksikan Sampai Akhir Bulan Juli

Kendati sama-sama disebabkan tingginya curah hujan akibat terjadinya penyimpangan cuaca, ada perpedaan penyebab lain yang mengakibatkan banjir di kabupaten Tanah Bumbu, yakni pendangkalan air sungai dan pasang air laut

“Yang ada ini memang mengalami sedikit penyimpangan, artinya BMKG sudah menyatakan bahwa awal Juni masuk awal musim kemarau, tapi karena adanya penyimpangan ini maka munculah di beberapa daerah turun hujan, dan ini menimpa 3 kabupaten diantaranya Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru,” jelas Wahyudin, Kepala BPBD Kalsel.

Untuk mengatasi masaah ketersediaan air bersih khususnya di Kotabaru, BPBD Kalsel menerjunkan 2 unit mobil tangki, guna melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

 

Reporter : Tarida Sitompul


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *