BPBD HSS Ingatkan Warga Waspadai La Nina

Hulu Sungai Selatan, DUTA TV Cuaca ekstrem sudah mulai terjadi sejak beberapa pekan terakhir di kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hal ini disebabkan perubahan iklim yang terjadi akibat peristiwa turunnya suhu air laut di Samudera Pasifik ke bawah suhu rata – rata yang sering disebut dengan fenomena la nina.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Roni Rusnadi, dampak yang ditimbulkan oleh la nina berbagai macam. Mulai dari banjir bandang hingga tanah longsor. Bahkan dari data yang dimiliki, sudah ada beberapa kejadian pohon tumbang akibat angin puting beliung yang mengenai rumah warga.

Karena itu ia meminta masyarakat untuk tetap berhati – hati dan waspada jika ada terjadi perubahan cuaca secara mendadak terlebih di daerah pegunungan.

“Kalau la nina ini daerah daerah pegunungan yang  rawannya, yang  kalau curah hujan itu tinggi intensitasnya. Maka dia akan berdampak dengan daerah dibawahnya jadi nanti ada kiriman air ada debit air akan meningkat dan lain lain. Juga kita khawatirkan jangan sampai ada tanah longsor. Tapi yang  akhir – akhir ini yang  ada terjadi ini angin puting beliung itu beberapa sudah merobohkan pohon pohon yang  mengenai rumah masyarakat,”terang Roni

Mengantisipasi adanya dampak fenomena la nina, BPBD Hulu Sungai Selatan sudah menyiagakan seluruh personil dan relawannya jika terjadi musibah bencana.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *